Hadirkan Kesenian Betawi & Lomba Membuat Uli, Lebaran Depok Bakal Digelar Tiga Hari

485
Ketua KOOD (kiri) saat melakukan tradisi Nyorog ke Wali Kota Depok (kanan)

Bojongsari | jurnaldepok.id
Kelompok pelestari budaya yang tergabung dalam Kumpulan Orang-Orang Depok (KOOD) akan menggelar Lebaran Depok pada 3 hingga 5 Juni 2022 mendatang di kawasan Perumahan Shila at Sawangan, Bojongsari.

Ketua KOOD Kota Depok, H Ahmad Dahlan mengungkapkan, kegiatan Lebaran Depok ini sudah kali ketiga dilakukan pihaknya sebagai wujud melestarikan budaya Depok saat Lebaran.

“Karena zaman dahulu, tradisi saat lebaran di Depok itu ada potong kebo andil, bawa rantangan ke keluarga yang lebih tua, hingga pasar penghabisan. Karena saat ini sudah jarang, sehingga kami dari KOOD melakukan ini untuk melestarikan budaya yang sudah mulai hilang,” ujarnya, kemarin.

Tak hanya itu, kegiatan yang akan dilakukan selama tiga hari ini juga bakal menampilkan berbagai kesenian Betawi, seperti Gambang Kromong, Topeng dan Silat.

“Selain menampilkan berbagai kesenian, kami juga mengadakan lomba menganyam ketupat, membuat uli, dan ada lomba-lomba lainnya,” tuturnya.

Tidak hanya itu, nantinya juga akan ada pameran UMKM, baik makanan trandisional ataupun makanan kekinian.

“Kami menyedikan 150 stand untuk UMKM Kota Depok,” jelasnya.

Dirinya berharap, dengan adanya kegiatan ini masyarakat bisa mengingat, melihat, dan melestarikan kebudayaan orang Depok saat lebaran.

Ketua Penyelenggara Lebaran Depok, Sudadih menyampaikan persiapan kepanitiaan sudah mencapai lebih dari 85 persen.

“Banyak pejabat dan tokoh besar akan hadir diantaranya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno; Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil; Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan; Wali Kota Depok Mohammad Idris, serta Wali Kota Tangsel dan Wali Kota Bogor dan sejumlah unsur lainnya. n Aji Hendro | Asti Ediawan

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here