Kuota Calon Jamaah Haji Masih Dibatasi, Pemberangkatan Khusus Yang Tertunda

65
Para calon jamaah haji saat diberikan bimbingan

Pancoran Mas | jurnaldepok.id
Kuota atau jumlah calon haji untuk Kota Depok pada masa musim haji tahun 2022 dibatasi keberangkatannya. Dimana pada tahun 2022 ada sekitar 776 calon haji yang akan berangkat ke tanah suci.

“Alhamdulilah tahun ini calon haji Kota Depok bisa berangkat menunaikan ibadah haji ke tanah suci walaupun masih ada pembatasan,” ujar Wakil Ketua Forum Komunikasi Kelompok Ibadah Haji dan Umroh Kota Depok, Habib Idrus Al Gadri, kemarin.

Dia menambahkan, sebelum adanya masa pandemi Covid-19 di Kota Depok, biasanya jumlah calon haji yang berangkat sekitar 1.700.

“Untuk tahun ini kalau kami tahu ada sekitar 776 calon haji. Mereka yang berangkat merupakan calon haji yang tertunda keberangkatannya karena masa pandemi Covid-19,” paparnya.

Jumlah tersebut, kata dia, karena adanya pembatasan dari Pemerintah Arab Saudi salah satunya usia diatas 65 tahun tidak bisa berangkat ke tanah suci.

“Sementara untuk pemberangkatan ke tanah suci direncanakan pada 4 Juni untuk kloter pertama nasional, namun untuk Kota Depok masih menunggu informasi,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Depok, Yuli Rahmawati mengatakan, 776 calhaj tersebut merupakan jemaah yang keberangkatannya sempat tertunda akibat pandemi Covid-19.

“Jadi, ratusan calhaj ini merupakan jamaah yang keberangkatannya sempat tertunda Covid-19 pada 2020 kemarin,” ucapnya.

Namun, hingga kini pihaknya juga masih belum bisa memastikan kapan tanggal keberangkatan jamaah dari Kota Depok tersebut, sebab pihaknya juga masih menunggu keputusan dari kantor wilayah (Kanwil).

“Kloter satu nasional itu akan berangkat pada 4 Juni 2022, tetapi untuk jamaah dari Depok masih menunggu informasi secara pastinya dari Kanwil,” jelasnya.

Dirinya menjelaskan, untuk keberangkatan calhaj di tahun ini ada penambahan persyaratan, yakni setiap calhaj harus sudah mendapatkan vaksinasi dosis satu dan dua.

Sambil menunggu tanggal keberangkatan untuk jamaah dari Kota Depok, Yuli mengatakan hingga kini masih terus dilakukan berbagai persiapan bagi para calon jemaah haji.

“Seperti manasik, vaksinasi, pemberian koper, dan pemeriksaan kesehatan lainnya,” pungkasnya. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here