Tak Ada Korban Jiwa, Kerugian Akibat Angin Puting Beliung Ditaksir Ratusan Juta

57
Seorang warga saat membersihkan rumahnya akibat puting beliung

Sawangan | jurnaldepok.id
Kerugian akibat angin puting beliung yang terjadi pada, Minggu(15/5) sore diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Udin, warga Kelurahan Bedahan, Kecamatan Sawangan, mengatakan, hujan lebat mulai turun pukul 15.00 WIB hingga 17.00 WIB.

“Hujan gede banget. Tetapi yang lebat cuma 1 jam. Sementara angin kencang hanya sekitar 30 menit. Hujan lebat ini menyebabkan sejumlah bangunan semi permanen di kawasan Bedahan, Sawangan, rusak parah,” ujarnya, kemarin.

Beberapa bangunan terbuat dari seng seperti bengkel dan warehouse di Jalan Sulaiman dan Jalan Pasir Putih ambruk.

“Kanopi di sejumlah rumah juga berterbangan ditiup angin. Bahkan pagar dan tembok penahan di Perumahan Bukit Tamphayan River View Bedahan ambruk,” paparnya.

Dia menambahkan, hujan lebat dan angin kencang membuat rumahnya bocor dan kanopi berterbangan.

“Kanopi rumah terangkat dan terbang karena angin saking kencangnya,”katanya.

Hujan lebat dan angin kencang membuat listrik di kawasan Sawangan padam. Hingga pukul 19.00 WIB, listrik di kawasan Sawangan dan Bedahan masih padam karena dampak hujan lebat.

Kepala Bidang Pengendalian Operasional Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Kabid Opersional DPKP) Kota Depok, Welman Naipospos mengatakan, pihaknya menerjunkan langsung personel guna mengevakuasi kerusakan akibat bencana tersebut.

Jumlah sementara korban akibat Puting Beliung di RW 03, Kelurahan Rangkapan Jaya (Kecamatan Pancoran Mas) ada sebanyak 17 orang, Bedahan, Sawangan dan lokasi lainnya.

Welman juga mengatakan pihaknya menerjunkan petugas guna melakukan penanganan evakuasi terhadap kejadian yang diakibatkan dari hujan lebat disertai angin kencang.

“Ada beberapa titik yang terdampak Puting Beliung, salah satu diantaranya kami mengevakuasi mobil yang tertimpa pohon di Jalan Parung Bingung Kelurahan Rangkapan Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, tidak ada korban,” ungkapnya.

Evakuasi pohon tumbang juga dilakukan petugas DPKP Kota Depok yang berlokasi di Jalan Pramuka 2, Kelurahan Mampang, Kecamatan Pancoran Mas.

Sebanyak 10 orang atau jiwa dikatakan Welman berhasil diselamatkan dari hasil evakuasi pohon tumbang di Jalan Pramuka 2 tersebut.

Atas kejadian ini tidak ada korban jiwa namun kerugian mencapai ratusan juta rupiah. n Aji Hendro

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here