Takbir Keliling, Pasar Kaget Hingga Open House Dilarang, Ini Alasan Wali Kota

284
Mohammad Idris

Margonda | jurnaldepok.id
Wali Kota Depok, Mohmmad Idris mengeluarkan Surat Edaran tentang penyelenggaraan perayaan Idul Fitri 1443 H dalam situasi pandemi corona virus disease 2019 (covid-19).

Ada beberapa kegiatan yang hingga kini masih dilarang diantaranya takbir keliling, open house hingga pasar tumpah.

“Pejabat dan Aparatur Sipil Negara dilarang mengadakan kegiatan open house Idul Fitri. Masyarakat yang mengadakan kegiatan open house Idul Fitri harus memperhatikan protokol kesehatan,” tulis Idris dalam Surat Edaran, kemarin.

Selain itu, pihaknya juga melarang kegiatan Pasar Tumpah/Pasar Kaget dalam rangka memutus mata rantai penularan Covid-19.

“Kami mengimbau masyarakat untuk mengumandangkan takbir pada malam Idul Fitri Tahun 1443 H/2022 M di masjid/mushala atau rumah masing-masing dan tidak melaksanakan takbir keliling,” paparnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, dalam penyelenggaraan ibadah di saat Idul Fitri, pengurus dan pengelola masjid/mushala memperhatikan Surat Edaran Menteri Agama mengenai pelaksanaan kegiatan peribadatan/keagamaan di tempat ibadah pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat sesuai dengan status level wilayah masing-masing dan menerapkan protokol kesehatan.

Ia menambahkan, pengurus dan pengelola masjid/mushala sebagaimana dimaksud dalam
angka 2 wajib menunjuk petugas yang memastikan sosialisasi dan penerapan protokol kesehatan kepada seluruh jamaah.

“Shalat Idul Fitri 1 Syawal 1443 H/2022 M dapat dilaksanakan di masjid atau di lapangan terbuka dengan memperhatikan protokol kesehatan. Demikian Surat Edaran ini disampaikan untuk menjadi perhatian dan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here