Sebelum Antar Penumpang, Sopir dan Kernet Bus AKAP Dites Urine

27
Sopir dan kernet bus saat menjalani tes urine

Tapos | jurnaldepok.id
Sopir dan kernet bus di Terminal Jatijajar, Kota Depok dites urine oleh Badan Nasional Narkotika Kota (BNNK) Depok.

Sub Koordinator Sie. P2M BNN Kota Depok, Purwoko mengatakan, dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1442 H, BNN Kota Depok bekerjasama dengan Kementrian Perhubungan (Kemenhub) yakni Terminal Jatijajar melakukan tes urine bagi para pengemudi sopir AKAP.

“Kegiatan ini agar para penumpang tetap aman dan nyaman selama perjalanan dari pengemudi bus bebas dari narkoba. Pelaksanaan kegiatan hari ini target mencapai 100 sampel tes urine sasaran para penumpang bus AKAP perjalanan ke Jawa Tengah maupun Sumatera yang ada di dalam Terminal Jatijajar ini,” ujarnya, kemarin.

Para pengemudi sopir bus AKAP yang dites urine usai berpariatif mulai ada yang usia 55 tahun hingga termuda 30 tahun.

“Sampai saat ini yang sudah dites urine baru 40 sopir bus AKAP dan hasil seluruhnya negatif, dengan dibantu tim kesehatan dari BNN Kota Depok ada delapan orang,” katanya.

Sementara itu meski satu hari penuh pelaksanaan tes urine oleh BNN Kota Depok, antusias dari para pengemudi bus AKAP yang akan menjalankan perjalanan mudik ke luar kota cukup baik.

Dengan demikian Purwoko berharap saat mudik sudah diperbolehkan oleh pemerintah, sehingga demi terjaga keselamatan bagi para penumpang dan sopir yang bebas dari pengaruh narkoba selama di perjalanan.

Koordinator Tata Usaha Terminal Jatijajar Depok, Dudi Marsudi menambahkan Terminal Jatijajar Kota Depok mendirikan pos kesehatan di area terminal sebagai pelayanan kesehatan terhadap penumpang maupun awak bus.

Selain itu, Terminal Jatijajar Depok bekerja sama dengan BNN Kota Depok memberlakukan tes urine.

“Tes urine ditujukan kepada sopir maupun kernet bus yang memasuki Terminal Jatijajar Depok,” tandasnya.

Dudi menambahkan, selama pemeriksaan yang dilaksanakan sejak awal pekan lalu, tidak ditemukan pengemudi maupun kernet bus yang positif narkotika.

Tidak hanya itu, Terminal Jatijajar Depok menyediakan gerai vaksinasi untuk para pemudik yang belum mendapatkan vaksinasi booster.

“Jadi sebelum berangkat penumpang yang belum booster dapat melakukan vaksinasi di Terminal Jatijajar Depok,” pungkasnya. n Aji Hendro

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here