Hore…Jelang Lebaran Insentif RT, RW & LPM Cair, Berikut Nominalnya

28315
Sekretaris Daerah Pemkot Depok saat menyerahkan insentif RT, RW dan LPM

Beji | jurnaldepok.id
Pemerintah Kota Depok berjanji meningkatkan insentif RT, RW dan LPM. Bahkan, keseriusan itu sesuai dengan kemampuan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Sekretaris Pemkot Depok, H Supian Suri mengatakan itu saat memberikan insentif untuk ketua RT, RW dan LPM di Kantor Kecamatan Beji.

“Insentif ini ditujukan untuk keperluan operasional peningkatan kinerja lembaga masyarakat. Dana tersebut, mesti dipergunakan sebaik-baiknya. Untuk operasional bukan kepentingan pribadi. Diharapkan berguna dan bermanfaat bagi keberlangsungan kepengurusan di lingkungan,” ujarnya, kemarin.

Ditempat yang sama Camat Beji, Hendar Pradesa menuturkan, pencairan insentif dilakukan secara simbolis. Tercatat sebanyak 400 RT, 75 RW dan enam LPM telah menerima dana insentif di wilayahnya.

“Untuk kuartal pertama, dananya hampir Rp 1 milyar, semoga ini mampu memotivasi dalam melayani masyarakat berjalan dengan baik,” tandasnya.

Ia mengatakan, penyerahan kuartal pertama untuk bulan Januari-April 2022 berdasarkan Perwal Kota Depok No 13 Tahun 2021.

“Untuk di Kecamatan Beji saat ini memiliki 400 RT, 75 RW dan enam LPM. Untuk RT masing-masing memperoleh Rp 500.000, RW masing-masing memperoleh Rp 600.000 dan LPM masing-masing memperoleh Rp 800.000.000 dengan total hampir Rp 1 miliar,” katanya.

Diharapkan seluruh RT, RW, dan LPM dapat lebih meningkatkan kinerjanya dalam melayani masyarakat. Terlebih, RT, RW dan LPM merupakan mitra kerja utama dari Pemkot Depok.

“Mekanismenya, uang insentif ini langsung ditransfer ke rekening mereka,” jelasnya.

Tak hanya itu, pencairan insentif juga harus konsisten. Misalnya tiga bulan sekali sehingga operasional melayani warga bisa berjalan dengan baik.

“Bukan menjadi rahasia umum lagi, bahwa insentif RT RW dan LPM sangat membantu kinerja di lapangan. Yang penting seperti dibilang tadi, waktu pencairannya harus tepat waktu dan jangan terlambat,” paparnya.

Dirinya berharap, dengan diterimanya insentif itu, ada peningkatan kinerja dari kemitraan pemerintah dalam membangun Kota Depok lebih baik lagi.

“Kami mengapresiasi kinerja dari para pengurus RT, RW dan LPM yang telah menjadi mitra kelurahan dan kecamatan atas perannya dan melayani masyarakat dalam pelayanan. Kami berharap peran lembaga kemitraan lebih ditingkatkan untuk membangun Kota Depok,” katanya.

Ketua LPM Kelurahan Pondok Cina, H. Munir menuturkan, kepastian terkait kenaikan insentif tersebut, dirinya mengapresiasi kepada janji Wali Kota Depok, Mohammad Idris yang setiap tahun terus meningkat.

“Ya pasti kalau insentif naik, ini bentuk penghargaan dari Pemerintah kepada RT, RW dan LPM yang menjadi pekerja sosial di kalangan masyarakat,” ungkapnya.

Dia mengapresiasi langkah pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan pejabat lingkungan.

“Sebenarnya kalau dihitung masih belum cukup atas pelayanan yang dilakukan pengurus lingkungan. Tapi ini kan upaya, jadi harus didukung. Semgoga tahun ke depannya bisa terus naik, biar pelayanan kepada masyarakat maksimal,” pungkasnya. n Aji Hendro

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here