Transportasi Digital, Bantu Permudah Pelaku UMKM Pasarkan Produk

21
Ubadilah Saleh

Margonda | jurnaldepok.id
Di masa pandemi Covid-19 yang berlangsung selama dua tahun menyebabkan terganggunya kegiatan pelaku UMKM. Namun melalui transportasi digital bisa membantu usaha para UMKM dalam kondisi pandemi.

“Ini yang menjadi kekurangan mereka. Kami melakukan edukasi dan mencoba kerjasama dengan ojol, Shopee dan Tokopedia, sehingga edukasi dapat dimiliki para pelaku UMKM,” kata Ketua Jaringan Wirausaha (Jawara) Kota Depok, Ubadilah Saleh, kemarin.

Dia menambahkan, Jawara Depok terus melakukan pembinaan kepada UMKM yang ada di Depok melihat kondisi perekonomian sudah mulai naik.

“Sehingga para UMKM mendapat motivasi untuk bangkit dari pandemi. Kondisi sekarang ini sudah up dan harapan menambah semangat dan keberkahan teman-teman member (Jawara Depok),” ucapnya.

Pembinaan yang dilakukan Jawara Depok sebut Ubaidilah dengan memberikan edukasi lewat webinar tentang dunia digital. Hal itu dilakukan agar para palaku usaha tetap bertahan dalam kondisi pandemi.

“Varian baru tidak terjadi. Apa pun kondisi ya kami terus bertahan, kami optimis dan harus menyesuaikan diri. Di Jawara terus memberikan edukasi sebelum Ramadhan seminggu sekali melakukan webinar di dunia digital,” jelasnya.

Dia mengatakan, Jawara melihat kondisi tersebut banyak melakukan kegiatan untuk membantu pengusaha kecil untuk jeli melihat peluang usaha yang ada.

Kegiatan webinar dengan berbagai tema yang mendukung berkembangnya usaha-usaha kecil dengan mengundang tokoh-tokoh nasional seperti pakar branding Subiakto, owner Malang Strudel dan lainnya.

“Di bulan Ramadan ini, Jawara Depok dan Indonesia Power berkolaborasi membantu anak yatim selama Ramadhan 1443 H. Kegiatan ini memang bagian dari kepedulian kami di bulan Ramadhan.
Kali ini kami berkolaborasi dengan Indonesia Power yang beberapa waktu lalu kami sudah serah terima dari mereka,” paparnya.

Kegiatan ini, kata dia, membantu anak yatim dengan memberikan santunan, alat belajar, dan sembako.

“Kepedulian kami di Ramadhan untuk berbagai kepada mereka yang membutuhkan,” katanya.

Sementara itu anggota Komisi B DPRD Kota Depok, Ade Supriyatna berharap Jawara yang bisa membantu meningkatkan perekonomian warga dengan mengembangkan produk-produk UMKM.

“Komunitas yang bergerak dibidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) harus kita dukung, semoga bisa bersinergi dalam mengatasi masalah perekonomian warga Depok,” pungkasnya. n Aji Hendro

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here