Mutiara Ramadhan: Keutamaan Nuzulul Quran, Makna dan Peristiwa

65
Hj Qonita Luthfiyah

Oleh: Hj Qonita Lutfiyah, SE, MM
Anggota DPRD Depok

Nuzulul Quran merupakan suatu peristiwa dimana telah diturunkannya Al-Quran. Peristiwa itu terjadi pada malam ke 17 Ramadhan. Malam Nuzulul Quran ramai diperingati oleh seluruh umat muslim di dunia. Bagaimana tidak, di malam itu lah diturunkan kitab suci sebagai petunjuk bagi umat manusia. Karenanya, banyak umat muslim yang berlomba mendapatkan keutamaan malam tersebut.

Dalam kitab al Bidayah wa an-Nihayah, Imam Ibnu Katsir menjelaskan bahwa al-Waqidi meriwayatkan dari Abu Ja’far al-Baqir. Ia mengatakan bahwa Al-Quran (wahyu) pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW pada hari senin 17 Ramadhan. Meskipun ada juga pendapat lain yang mengatakan bahwa Al-Quran diturunkan pada tanggal 24 Ramadhan.

Peringatan Nuzulul Quran yang bertepatan pada tanggal 17 Ramadhan, bersumber dari penafsiranan QS. Al-Anfal: 41:

وَاعْلَمُوا أَنَّمَا غَنِمْتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَأَنَّ لِلَّهِ خُمُسَهُ وَلِلرَّسُولِ وَلِذِي الْقُرْبَىٰ وَالْيَتَامَىٰ وَالْمَسَاكِينِ وَابْنِ السَّبِيلِ إِنْ كُنْتُمْ آمَنْتُمْ بِاللَّهِ وَمَا أَنْزَلْنَا عَلَىٰ عَبْدِنَا يَوْمَ الْفُرْقَانِ يَوْمَ الْتَقَى الْجَمْعَانِ ۗ وَاللَّهُ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Artinya: “Ketahuilah, bahwa sesungguhnya apa saja yang dapat kamu peroleh sebagai rampasan perang, maka sesungguhnya seperlima untuk Allah, Rasul, kerabat Rasul, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan ibnussabil, jika kamu beriman kepada Allah dan kepada apa yang kami turunkan kepada hamba Kami (Muhammad) di hari Furqan, yaitu di hari bertemunya dua pasukan. Dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Malam Nuzulul Quran atau malam dimana telah diturunkannya kitab suci umat Islam, tentu memiliki keutamaan yang luar biasa. Ada beberapa amalan baik yang bisa dilakukan untuk mengisi malam yang bersejarah itu, yakni:

1. Membaca Al-Quran

Membaca Al-Quran di hari-hari biasa akan berbuah pahala. Apalagi membaca Al-Quran di bulan Ramadhan. Sudah tentu pahala yang didapatkan akan dilipat gandakan oleh Allah SWT. Begitu pula umat muslim yang berlomba mengisi malam Nuzulul Quran. Bagaimana tidak, membaca Al-Quran di malam dimana Al-Quran itu sendiri diturunkan adalah sebuah amalan yang sangat baik dan menyenangkan. Selain berpahala, juga dapat meningkatkan keyakinan dan keimanan kita kepada Al-Quran, dan tentu kepada sang pencipta, Allah SWT.

2. I’tikaf di Masjid

I’tikaf merupakan suatu amalan dimana kita berdiam dan menetap di dalam masjid atau mushalla. Kegiatan itu tentu bisa di barengi dengan aktifitas baik yang lainnya. Seperti misalnya bisa dilakukan sambil membaca Al-Qur’an atau berdzikir.

Perintah i’tikaf disebutkan dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 125:

وَإِذْ جَعَلْنَا ٱلْبَيْتَ مَثَابَةً لِّلنَّاسِ وَأَمْنًا وَٱتَّخِذُوا۟ مِن مَّقَامِ إِبْرَٰهِۦمَ مُصَلًّى ۖ وَعَهِدْنَآ إِلَىٰٓ إِبْرَٰهِۦمَ وَإِسْمَٰعِيلَ أَن طَهِّرَا بَيْتِىَ لِلطَّآئِفِينَ وَٱلْعَٰكِفِينَ وَٱلرُّكَّعِ ٱلسُّجُودِ

Artinya:” Dan (ingatlah), ketika Kami menjadikan rumah itu (Baitullah) tempat berkumpul bagi manusia dan tempat yang aman. Dan jadikanlah sebahagian maqam Ibrahim tempat shalat. Dan telah Kami perintahkan kepada Ibrahim dan Ismail: “Bersihkanlah rumah-Ku untuk orang-orang yang thawaf, yang i’tikaf, yang ruku’ dan yang sujud”.

3. Shalat Malam dan Berdoa

Malam yang memorial itu sangat memiliki banyak sekali keutamaan dan kebaikan. Selain itu banyak juga pelajaran yang bisa dipetik. Karenanya begitu merugi seseorang yang mengetahui peristiwa tersebut tetapi tidak mengisinya dengan hal yang baik dan membiarkannya berlalu begitu saja. Sepantasnya, di malam Nuzulul Quran ini diperbanyak dengan melakukan sholat malam dan memanjatkan doa kepada sang Khalik. Karena peristiwa tersebut merupakan titik penting bagi Nabi Muhammad SAW dan umatnya. Karena Al-Quran sendiri merupakan mukjizat terbesar bagi Rasulullah SAW.

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here