Aduh…Buang Sampah ke Nambo Molor Terus, Janji Gubernur Dipertanyakan

102
Wakil Wali Kota Depok bersama OPD terkait saat meninjau TPPAS Lulut Nambo

Margonda | jurnaldepok.id
Rencana Pemerintah Kota Depok untuk membuang sampah ke Tempat Pengolahan dan Pemrosesan Akhir Sampah (TPPAS) Lulut-Nambo, Kabupaten Bogor, harus molor lagi.

Pernyataan tersebut diungkapkan oleh Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono saat menijau langsung kondisi TPPAS Nambo bersama Kepala Bappeda dan Kepala DLHK Kota Depok.

Dia menambahkan, berdasarkan hasil pertemuannya dengan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat dan PT JBL, pembuangan sampah ke TPPAS Lulut-Nambo dipastikan terjadi kemunduran lagi.

“Tadi saya ke Nambo, sudah kesekian kalinya kita belum bisa buang sampah kesana, padahal awalnya Februari lalu Maret bisa membuang, tapi pertemuan hari ini ngaret lagi,” ujarnya dengan nada kecewa, Rabu (13/04).

Dia menambahkan, ada berbagai persoalan yang menyebabkan terjadinya kemunduran itu, salah satu diantaranya karena curah hujan yang tinggi.

“Curah hujan yang cukup besar membuat infrastruktur di Nambo banyak terkena imbas, diantaranya adalah longsor,” katanya.

Imam mengatakan, PT JBL dan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat juga mengungkapkan alasan lain terkait penyebab mundurnya penyelesaian TPPAS Lulut-Nambo, karena adanya perang Rusia dan Ukraina.

“Mesin pengadaan buat pengolahan sampah menjadi RDF tertunda kedatangannya akibat dari perang antara Rusia dengan Ukraina, karena mesin itu dihadirkan dari luar negeri,” jelasnya.

Namun begitu, Imam mengatakan, pihaknya telah diyakinkan oleh PT JBL dan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat bahwa akhir Mei 2022, TPPAS Lulut-Nambo sudah bisa beroperasi.

“Mudah-mudahan di akhir Mei 2022 sudah bisa diresmikan oleh Presiden dan Gubernur Jawa Barat dan kita Pemerintah Depok bisa membuang sampah ke sana,” katanya.

Sebelumnya, janji Gubernuur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang memperbolehkan Kota Depok membuang sampah ke Tempat Pengelolaan dan Pemerosesan Akhir Sampah (TPPAS) Nambo hingga kini belum terealisasi.

Padahal, pada kunjungannya Februari lalu, Riddwan Kamil memastikan Kota Depok bisa membuang sampah ke Nambo di awal Maret.

“Oh iya, kami minta dalam waktu dekat Pak Wakil Insya Allah ke sana bersama Pak Sekda. Karena implementasi ini terkait juga dengan Sekda. Kalau yang lainnya sudah enggak ada masalah, termasuk masalah biayanya sudah disepakati, tinggal operasinya saja,” ujar Mohammad Idris, Wali Kota Depok beberapa hari lalu.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memastikan Kota Depok bisa membuang sampah ke Tempat Pengolahan dan Pemerosesan Akhir Sampah (TPPAS) Nambo pada Maret mendatang.

“Kami sudah janji sama Depok, jika sudah beres pembangunannya secara teknis, kota pertama yang akan memanfaatkan secara maksimal adalah Kota Depok,” ujar Ridwan Kamil saat melakukan kunjungan kerja di Depok, (15/02).

Ia menambahkan, TPPAS Nambo bisa dimanfaatkan Depok di awal Maret 2022.

“Awal (Maret,red) sudah bisa. Nanti pada saat launching Depok kami undang,” ungkapnya. n Aji Hendro

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here