Datang ke Universitas Indonesia, Luhut Disambut Demo Hingga Diminta Buka Big Data

200
Luhut saat menghampiri mahasiswa yang menggelar demo

Beji | jurnaldepok.id
Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan disambut demo mahasiswa saat menghadiri acara di Kampus Universitas Indonesia (UI).

Mahasiswa UI menggelar aksi demo di Gedung Balai Sidang UI Depok dimana Luhut mengisi kuliah tentang digital hingga soal ekonomi.

Mahasiswa tampak membawa sejumlah spanduk bertulisan ‘Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya Demokrasi UI dan Indonesia’ dan spanduk bertuliskan ‘Potong Bebek Angsa Masak di Kuali Mana Big Datanya Kok Malah ke Sini. Kok Punya Nyali Gak Tau Diri lalalalaalala’.

Saat aksi, mereka membawa bendera kuning dan poster bertuliskan wafatnya demokrasi UI. Saat aksi tengah berlangsung, Luhut bersama Rektor UI menemui puluhan mahasiswa setelah pertemuan tertutupnya selesai.

“Mau kalian apa, biar saya jawab?,” tanya Luhut kepada peserta aksi, Selasa (12/04).

“Kita mau menyuarakan (protes), yang pertama terkait wacana penundaan pemilu atau perpanjangan masa jabatan presiden. Harus terus ditegaskan oleh pemerintah untuk menolak wacana itu,” jawab mahasiswa.

Sekarang apa yang terjadi? UI dan bangsa sama-sama runtuh. Lalu apa yang dibangun oleh kita semua,” kata Ketua BEM UI, Bayu Satria Utomo.

Bayu mengatakan, dua pejabat publik tersebut hanya bisa beretorika dan hanya memberikan janji tanpa pernah memberikan bukti pada mahasiswa. Wacana atau narasi tersebut adalah implementasi atau elaborasi dari dua hal.

“Pertama, terkait statuta UI yang saat ini masih bermasalah dan prosesnya tidak pernah melibatkan semua unsur yang ada di UI, termasuk mahasiswa,” katanya.

Dikatakannya, mahasiswa akan terus melakukan aksi sampai tuntutan mereka didengar. Aksi massa akan dilakukan lebih besar lagi nanti.

Terkait dengan penundaan Pemilu, mahasiswa berencana menggelar aksi lagi pada, Kamis (21/04).

“Terkait dengan aksi nasional terkait penundaan Pemilu, kita akan selenggarakan di tanggal 21 April 2022 UI,” ungkapnya.

Sementara itu, Luhut mengatakan, bahwa kedatangannya ke UI guna memenuhi undangan sekaligus memberikan kuliah umum di Balai Sidang UI.

Dikatakannya, penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia yang telah menunjukkan tren baik, karena pemerintah menggunakan basis IPTEK dan data sebagai dasar pembuatan kebijakan. n Aji Hendro

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here