Mutiara Ramadhan: Raih Keuntungan Besar Dengan Bersedekah

112
Yeti Wulandari

Oleh: Yeti Wulandari, SH
Wakil Ketua DPRD Depok

Bulan puasa atau bulan Ramadhan adalah bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia, begitu pun di Indonesia. Meski saat ini dunia sedang berada dalam pandemi Covid-19, hal tersebut diharapkan tidak akan mengubah nikmatnya menjalani ibadah puasa di bulan ramadhan, juga tidak akan mengurangi keutamaan bulan ramadhan itu sendiri.

Salah satu pintu yang dibuka oleh Allah untuk meraih keuntungan besar dari bulan Ramadhan adalah melalui sedekah. Islam sering menganjurkan umatnya untuk banyak bersedekah. Dan bulan Ramadhan, amalan ini menjadi lebih dianjurkan lagi.

Terlebih lagi di tengah pandemi COVID-19 saat ini, banyak orang-orang yang membutuhkan bantuan dan kedermawanan, mulai dari para pekerja informal yang kesulitan memenuhi kebutuhan hidup karena keterbatasan ruang gerak, para tenaga medis dan petugas kesehatan serta kelompok-kelompok masyarakat lainnya.

Dan demikianlah sepatutnya akhlak seorang mukmin, yaitu dermawan. Allah dan Rasul-Nya memerintahkan, bahkan memberi contoh kepada umat Islam untuk menjadi orang yang dermawan serta pemurah.

Ketahuilah bahwa kedermawanan adalah salah satu sifat Allah SWT, sebagaimana hadits, “Sesungguhnya Allah Ta’ala itu Maha Memberi, Ia mencintai kedermawanan serta akhlak yang mulia. Ia membenci akhlak yang buruk” (HR. Al Baihaqi).

Dari hadits ini demikian dapat diambil kesimpulan bahwa pelit dan bakhil adalah akhlak yang buruk dan bukanlah akhlak seorang mukmin sejati. Begitu juga, sifat suka meminta-minta, bukanlah ciri seorang mukmin.

Bahkan sebaliknya seorang mukmin itu banyak memberi. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW, “Tangan yang di atas lebih baik dari tangan yang di bawah. Tangan di atas adalah orang yang memberi dan tangan yang dibawah adalah orang yang meminta.” (HR. Bukhari)

Allah SWT benar-benar memuliakan orang-orang yang bersedekah. Ia menjanjikan banyak keutamaan dan balasan yang menakjubkan bagi orang-orang yang gemar bersedekah. Terdapat ratusan dalil yang menceritakan keberuntungan, keutamaan, kemuliaan orang-orang yang bersedekah.

Maka, sungguh mengherankan bagi orang-orang yang mengetahui dalil-dalil tersebut dan ia tidak terpanggil hatinya serta tidak tergerak tangannya untuk banyak bersedekah. |*

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here