Meski Ada Kenaikan Harga, Wali Kota Jamin Stok Pangan Aman Saat Ramadhan

40
Seorang pedagang ayam potong saat menjajakan barang dagangannya

Margonda | jurnaldepok.id
Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan, persediaan bahan pokok di Depok aman sampai Ramadhan. Idris menambahkan, meskipun aman, namun harga kebutuhan pangan mengalami kenaikan.

“Sudah disidak juga, Alhamdulillah aman. Beras aman di Kota Depok, walaupun tidak memproduksi beras,” ujarnya, kemarin.

Menurutnya, persediaan beras di Depok sudah mencukupi dari hasil produksi di Cianjur dan kerja sama dari Bulog. Namun Idris mengatakan, kenaikan harga pangan di Depok tak bisa ditekan lantaran mengikuti distribusi dari pusat.

“Yang lainnya juga aman, Insya Allah. Mungkin yang agak sedikit-sedikit kenaikan harga. Apalagi mau lebaran, Cabai pasti naik itu,” paparnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok disebut bakal menggelar pasar murah di sejumlah lokasi saat Ramadhan. Hal ini bertujuan membantu warga memenuhi kebutuhan di kala harga mulai melonjak.

Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono menambahkan, bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah tinggal hitungan hari. Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Depok diminta untuk memantau harga kebutuhan pokok di pasaran.

Pemantauan harga dilakukan agar harga kebutuhan pokok menjelang Ramadhan tetap terjaga dan stoknya mencukupi.

“Tugas Disperdagin ini bagaimana bisa menjaga harga-harga di pasar agar tidak terjadi permasalahan penumpukan maupun kesulitan warga dalam mendapatkan bahan kebutuhan pokok,” tandasnya.

Jika terjadi kenaikan harga kebutuhan pokok di pasaran, kata dia, Disperdagin dapat segera melakukan tindakan antisipasi.

“Baik itu melakukan operasi pasar sampai dengan antisipasi terjadinya penyimpangan-penyimpangan. Sehingga tidak terjadi kegiatan-kegiatan yang merugikan kita sendiri, merugikan masyarakat,” pungkasnya. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here