Bantu Minimalisir Sampah, Wakil Wali Kota Apresiasi Bank Sampah Rosela

23
Wakil Wali Kota Depok saat memberikan buku tabungan kepada pelaku Bank Sampah

Laporan: Asti Ediawan
Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono didampingi Camat Cinere, H. Sugianto dan Lurah Pangkalan Jati Baru (PJB), Kecamatan Cinere Iwan, kemarin menyempatkan waktu menghadiri kegiatan pencairan tabungan nasabah Bank Sampah Rosela yang berlokasi di Jalan Masjid RT 06/01, Kelurahan Pangkalan Jati Baru (PJB), Kecamatan Cinere.

Pada kesempatan itu, IBH sapaan akrab Imam Budi Hartono berkenan melakukan dialog dengan para anggota Bank Sampah Rosela terkait pelaksanaan kegiatan pengumpulan dan pemilihan sampah rumah tangga warga.

“Kami mengapresiasi kiprah para anggota Bank Sampah Rosela yang sangat aktif melaksanakan pengumpulan dan pemilahan sampah rumah tangga warga, kami berharap kedepan program satu RW satu Bank Sampah dapat terwujud di wilayah Kelurahan Pangkalan Jati Baru (PJB) dan seluruh wilayah RW se Kota Depok,” ujar Imam kepada Jurnal Depok.

Ungkapan senada ditegaskan oleh Camat Cinere H. Sugianto.
Dikatakan Ugi, sapaan akrab H. Sugianto, diwilayah Kecamatan Cinere saat ini baru ada 9 Bank Sampah yang eksis sementara produksi sampah rumah tangga relatif sangat tinggi sehingga membutuhkan lebih banyak lagi kegiatan pemilahan.

“Produksi sampah rumah tangga diwilayah Kecamatan Cinere cukup tinggi sementara jumlah Bank Sampah yang eksis baru ada 9 untuk itu kami mengimbau kepada warga melalui para Ketua Lingkungan dan stakeholder untuk meningkatkan aktivitas pengumpulan dan pemilahan sampah yang biasa dilakukan oleh para anggota Bank Sampah,” pinta H. Sugianto.

Terpisah Ketua Bank Sampah Rosela, Abdul Hasyim menghaturkan terimakasih kepada Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono dan Camat Cinere, H. Sugianto serta Lurah Pangkalan Jati Baru, Iwan yang telah hadir dalam acara pencairan uang tabungan nasabah Bank Rosela.

“Kami merasa sangat beruntung karena pak Wakil Wali Kota bersedia hadir di sekretariat Bank Sampah kami, kebetulan hari ini kami mengadakan acara pencairan tabungan nasabah kami,” ujar Hasyim kepada Jurnal Depok kemarin.

Dikatakan Hasyim, pencairan uang tabungan nasabah Bank Sampah Rosela dilakukan setiap menjelang datangnya bulan suci Ramadhan.

“Alhamdulillah hari ini para nasabah kami sudah menerima uang tabungan yang dikumpulkan selama setahun, nilainya bervariasi tergantung jumlah sampah non organik yang disetorkan ke Bank Sampah, tapi yang jelas satu orang nasabah paling sedikit mendapatkan uang tabungan sebesar Rp 1,5 juta dan bagi nasabah yang aktif dan banyak menyetorkan sampah bisa mendapatkan uang tabungan lebih dari Rp 2 juta, lumayan untuk membeli kebutuhan selama bulan puasa,” pungkas Hasyim. n

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here