Kondisinya Makin Kritis, DLHK Usulkan Perluasan TPA Cipayung Mencapai 2 Hektar

141
Beginilah kondisi TPA Cipayung saat ini yang memprihatinkan

Cipayung | jurnaldepok.id
Tertundanya pembuangan sampah ke Tempat Pengelolaan dan Pemerosesan Akhir Sampah (TPPAS) Nambo, Kabupaten Bogor, sejak beberapa tahun terakhir, berdampak pada peningkatan volume sampah yang berada di TPA Cipayung, Depok.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, Hj Ety Suryahati bahkan harus mengusulkan kembali untuk memperluas TPA Cipayung.

“Iya, kami sudah usulkan kembali ke Pak Wali melalui TAPD untuk menambahkan lahan perluasan di Cipayung (TPA,red). Yang kami usulkan hampir dua hektar,” ujar Ety kepada Jurnal Depok, kemarin.

Namun begitu, pihaknya juga terus berusaha menjajaki kerjasama untuk membuang sampah Depok ke TPPAS Nambo.

“Infonya terkendala dengan kedatangan mesin, terus kami jajaki. Tunggu saja mungkin minggu-minggu ini,” paparnya.

Sementara itu Kepala UPT Dinas Tempat Pemerosesan Akhir Sampah Cipayung, Dadan Ardan Kurniawan mengatakan, saat ini kondisi TPAS Cipayung sudah mengkhawatirkan.

“Saat ini area TPA Cipayung sudah terpakai semua, baik kolam A, B maupun Kolam C. Luas TPA Cipayung keseluruhan mencapai 11,2 hektar. Dari semua kolam ini sudah over capacity sejak 2018 lalu,” tandasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, setiap harinya TPA Cipayung menerima kiriman sampah penduduk yang mencapai 1.000 ton. Hal itu jauh berbeda jika dibandingkan lima tahun lalu. Dimana TPA Cipayung saat itu hanya menerima sampah penduduk sebanyak 400 ton per hari.

“Rumus sampah ini sebenarnya mudah, ketika jumlah penduduk bertambah maka sampah yang dihasilkan juga akan bertambah. Bayangkan, seorang bayi pun turut menyumbangkan sampah, baik itu sampah makanan maupun sampah popoknya,” katanya.

Untuk menekan ‘gunung’ sampah yang kini telah mencapai ketinggian kurang lebih 30 meter tersebut, pihaknya telah menyusun kajian revitalisasi TPA Cipayung dan telah ada DED nya.

“Ada tiga program besar yang akan kami lakukan untuk merevitalisasi TPA Cipayung diantaranya rehabilitasi TPA, membangun fasilitas pengolahan sampah dengan teknologi ramah lingkungan dan menghabiskan sampah lama,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here