Pekerja Tertimbun Tanah, Kontraktor Proyek Tol Cijago Diultimatum SOP K3

69
Petugas saat melakukan evakuasi terhadap pekerja Tol Cijago

Limo | jurnaldepok.id
Sejumlah warga Kelurahan dan pengguna jalan yang biasa melintas diruas jalan raya Limo meminta kepada pihak pelaksana proyek Tol Cinere – Jagorawi (Cijago) untuk menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) agar kasus terceburnya pekerja di areal galian proyek tol tidak terulang lagi.

Kulak salah satu warga RW 02, Kelurahan Limo, Kecamatan Limo, mengatakatan, kejadian terceburnya 3 pekerja di kawah galian proyek pada Senin (21/3) yang sempat membuat heboh warga dan memicu kemacetan lalu lintas hendaknya dapat menjadi pelajaran bagi pihak pelaksana proyek tol untuk lebih meningkatkan keamanan bagi para pekerja saat melaksanakan pekerjaan proyek tol.

“Meskipun kata nya peristiwa itu merupakan human error tapi tetap saja harus menjadi perhatian dari kontraktor pelaksana proyek, karena kalau sudah kejadian bisa menimbulkan masalah dan menjadi pusat perhatian umum,” ujar Kulak kepada Jurnal Depok, kemarin.

Harapan senada disampaikan oleh Lurah Limo, Kecamatan Limo, AA. Abdul Khoir.
Dikatakan AA, peristiwa terceburnya 3 pekerja proyek tol pada hari Senin yang menyita perhatian publik harusnya dapat menjadi peringatan bagi para pihak terkait untuk meningkatkan keamanan disekitar proyek guna meminimalisir potensi bahaya baik bagi para pekerja maupu warga sekitar dan pengguna jalan yang sedang melintas dilokasi proyek.

“Waktu kejadian saya langsung meluncur kelokasi karena kebetulan salah satu pekerja yang ikut tercebur tercatat sebagai warga Kelurahan Limo, untungnya para pekerja yang tercebur bisa terselamatkan setelah dibawa ke rumah sakit,” papar AA.

Dikatakan AA, salah seorang warga Limo bernama Adlan tadinya hanya ingin menolong dua orang pekerja yang sudah terlebih dahulu tercebur namun naas kata dia Adlan yang berniat ingin menolong malah ikut tercebur dan sempat terburuk tanah, beruntung ketiganya bisa diselamatkan,” imbuhnya.

Peristiwa terceburnya tiga orang pekerja proyek Tol Cijago diwilayah Limo pada Senin (21/3) memang sempat viral dan menjadi bahan publik bahkan hingga keesokan harinya masih banyak warga yang datang kelokasi kejadian hanya sekadar ingin melihat tempat terceburnya 3 pekerja proyek Tol Cijago dekat Jalan Raya Limo RW 02, Kelurahan Limo, Kecamatan Limo. n Asti Ediawan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here