PPSI Berharap Seni Bela Diri Pencak Silat Masuk Dalam Kurikulum Sekolah

73
Katua dan Pengurus PPSI Depok foto bersama usai pelantikan

Cipayung | jurnaldepok.id
Pencak silat sebagai warisan budaya Indonesia diharapkan dapat dimasukan kedalam kurikulum sekolah oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Demikian dikatakan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Persatuan Pencak Silat Indonesia (DPW PPSI) Jawa Barat, Galih Santika Fadilakusumah saat melantik Sarjuni atau Ki Jujun sebagai Ketua DPD PPSI Kota Depok bersama pengurus lain masa masa bakti 2022-2027 di kediaman pembina DPD PPSI Depok, Iman Yuniawan di wilayah Pondokjaya, Kecamatan Cipayung.

“Saya tegaskan PPSI dibentuk dan dilahirkan para pendahulu kita untuk tujuan mulia, bukan untuk gagahan. Untuk itu, saya minta pengurus yang baru dilantik berbangga karena mendapat kepercayaan para anggota, jagalah pencak silat ini sebagai warisan budaya Indonesia,” ujar Galih, kemarin.

Dia berharap, pencak silat sebagai warisan budaya Indonesia dapat dimasukan ke kurikulum sekolah oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Harapan kami pencak silat ini bisa diajarkan kepada para siswa di sekolah-sekolah, untuk itu harapan kami bisa masuk kedalam kurikulum,” paparnya.

Lurah Pondokjaya, Nurman Hakim mengapresiasi atas pelantikan kepengurusan DPD PPSI Kota Depok, apalagi berlangsung di wilayah Pondokjaya.

Menurut Nurman, pencak silat merupakan khazanah budaya bangsa Indonesia yang lahir dan tumbuh dari tanah air Indonesia, sehingga mendapat tempat di masyarakat termasuk di Kota Depok.

“Apalagi visi Kota Depok Maju, Berbudaya dan Sejahtera, saya kira Pemkot Depok selama ini memfasilitasi kegiatan seni budaya nasional yang ada di Depok,” katanya.

Tokoh masyarakat Pondokjaya, Iman Yuniawan merasa senang dan gembira atas pelantikan kepengurusan DPD PPSI Kota Depok di kediamannya.

Mantan Ketua LPM Pondokjaya beberapa periode itu menuturkan, pembentukan DPD PPSI Kota Depok di rumahnya bermula dari Ki Sarjun meminta kesediaan dirinya untuk menjadi pembina PPSI Depok dari sekitar 30 sanggar pencak silat yang ada di Depok.

“Demi untuk melestarikan seni budaya pencak silat yang merupakan warisan budaya leluhur bangsa Indonesia, saya pun bersedia untuk ikut melestarikannya PPSI,” tandasnya.

Pelantikan yang cukup meriah itu diawali seni palang pintu dan pengalungan bunga melati kepada rombongan Ketua DPW PPSI Jabar, Galih Santika Fadilakusumah yang akan memasuki arena acara.

Pantun bersautan dan atraksi adu silat dari pendekar perwakilan tamu dan tuan rumah semakin mewarnai keseruan dan kemeriahan acara pelantikan di halaman rumah Iman Yuniawan tersebut. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here