Wali Kota Ungkap Operasional RSUD Wilayah Timur Terkendala Anggaran Sarpras

290
Tampak depan RSUD Wilayah Timur yang berada di Kecamatan Tapos

Margonda | jurnaldepok.id
Wali Kota Depok, Mohammad Idris memastikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Anugerah Sehat Afiat (ASA) di wilayah Kecamatan Tapos akan dioperasikan pada Agustus mendatang. Namun, hingga kini rencana itu masih terbentur anggaran biaya untuk sarana dan prasarana (sarpras).

“Insya Allah tahun ini akan dioperasikan, kami masih melihat kesiapan anggaran perubahan karena memang ada anggaran tertentu sesuai aturan kementerian terkait, karena waktu itu belum siap dianggarkan tahun ini,” ujar Idris kepada Jurnal Depok usai membuka Musrenbang Tingkat Kota, Selasa (15/03).

Idris menyebut, ketersediaan anggaran yang dibutuhkan seperti untuk fasilitas kesehatan RSUD type C belum maksimal.

“Kalau dahulu 20 tempat tidur enggak masalah, tapi sekarang minimal 100 tempat tidur, itu yang menjadi salah satu masalah. Begitu juga ICU harus lengkap seperti NICU, PICU masing-masing dua kamar dan UGD nya harus repersentatif. Itu salah satu pengetatan pengoperasian RSUD type C,” paparnya didampingi Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono.

Dari itu, kata dia, RSUD Sawangan hingga saat ini statusnya belum ditingkatkan menjadi type B karena memang kriterianya harus dinaikan juga.

“RSUD type B itu ruang ICU nya saja harus ada empat selain NICU dan PICU. Jadi semuanya harus ada 12 ruangan,” jelasnya.

Untuk itu, Idris akan melihat terlebih dahulu potensi anggaran di tahun ini dikarenakan penganggaran KUA-PPAS di perubahan akan melihat trend serapan anggaran dan dana bantuan dari pemerintah.

“Harapan kami sebelum akhir tahun bisa dioperasikan, mudah-mudahan bisa 17 Agustus,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here