TNI AL Garap Situ Cinere jadi Tempat Wisata Air, Ada Garden Food Street nya Juga Loh…

149
Foto bersama di acara Grand Opening Cinere Garden Food Situ Cinere

Laporan: Aji Hendro
Tentara Nasional Indonesia mempercantik Situ Cinere yang berlokasi di Kelurahan Pangkalan Jati, Kecamatan Cinere.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Yudo Margono, menebar ribuan ikan Nila di Danau Cinere Garden Food Street, Kelurahan Pangkalan Jati, Kecamatan Cinere, Kota Depok, Selasa (15/3/).

“Kegiatan hari ini selain Grand Opening Cinere Garden Food juga sekaligus melestarikan potensi alam yang ada di sekitarnya yaitu danau cinere dengan menebar sebanyak 3.388 ikan nila,” ujarnya, kemarin.

Selama dirinya menjabat Kasal, Yudo telah membuat sejumlah lapangan tenis, kolam renang, perumahan prajurit dan foodcort.

“Untuk kolam renang yang telah kami buka sebanyak 9 unit di masing-masing Lantamal. Fasilitas yang ada ini tidak hanya untuk kepentingan bagi personil namun juga dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar,” ungkapnya.

Penggarapan Situ Cinere ini, diceritakan Yudo, enam bulan yang lalu baru dilaporkan langsung oleh Kepala Dinas Perawatan Personil TNI Angkatan Laut (Watpersal), Laksamana Pertama Taufik Arif untuk diolah dan bisa dimanfaatkan.

“Tadinya Situ Cinere ini tempat yang kumuh dan tidak terawat. Setelah itu warga sekitar dibantu personil menggarap menjadi tempat yang dapat digunakan dan bermanfaat untuk semua orang terutama dari penggunaan usaha UMKM. Kami berharap Cinere Garden Foodstreet ini dapat sebagai implementasi positif bagi prajurit dan warga sekitar sehingga dapat memberikan kesejahteraan,”katanya.

Kepala Dinas Perawatan Personil TNI Angkatan Laut (Watpersal), Laksamana Pertama Taufik Arif mengatakan, setelah bertahun-tahun sudah tidak difungsikan sebagai tempat wisata air, danau yang masih ada di lingkup Komplek Pangkalan Jati dipotensikan kembali dikelolah menjadi tempat destinasi wisata air dan kuliner satu-satunya di daerah Cinere.

“Semua pengelolaan pengembangan wisata Danau Cinere ini sepenuhnya dikelolah oleh PT Garden Kuliner Nusantara,” tandasnya.

Acara soft opening yang dilakukan ini, kata dia, sebagai bentuk peresmian awal untuk mengenalkan ke warga Cinere dan perbatasan Jakarta Selatan dan Tangerang Selatan destinasi baru wisata air.

Dia mengungkapkan, sebagai salah satu dari program pimpinan KASAL dalam kesejahteraan prajurit yaitu salah satunya dengan melakukan perawatan personil.

“Wisata Cinere Garden ini mulai dari berdiri sudah banyak disupport warga khususnya dari Ketua RW 03 dan 06, yang ikut turun langsung dalam pembangunan untuk menata ulang situ yang telah bertahun-tahun terlantar, dibutuhkan kesabaran dan sinergitas membangun kembali sehingga dapat dimanfaatkan bagi warga di Komplek Pangkalan Jati dan warga sekitar lingkungan,” katanya.

Dia menambahkan, pembangunan masif ini diharapkan para prajurit dan keluarga besar Angkatan Laut dapat menikmati bersama.

“Diharapkan Komplek Pangkalan Jati Angkatan Laut ini dapat menjadi pilot project yaitu dapat membantu program pemerintah sebagai salah satu dari bagian ketahanan pangan,” pungkasnya. n

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here