Baru Bertugas di Depok, Kepala Kejaksaan Negeri Depok Langsung Sosialisasi Restorative Justice

51
Kajari Depok (kiri) saat berbincang dengan Camat Cinere

Cinere | jurnaldepok.id
Jajaran Kejaksaan Negeri (Kejari) Depok Senin (14/3) melaksanakan koordinasi dengan aparatur Pemerintahan Kecamatan Cinere guna membahas rencana sosialisasi program restorative justice atau penyelesaian masalah hukum pidana secara bersama (musyawarah) kepada masyarakat.

Kepala Kejaksaan Negeri Depok, Mia Banulita mengatakan pelaksanaan sosialisasi program restorative justice perlu ditindak lanjuti hingga ketataran masyarakat agar masyarakat mengetahui pelanggaran hukum yang tidak perlu ditindak lanjuti hingga ke lembaga pengadilan dan dapat diselesaikan secara musyawarah.

“Intinya konsep program restorative justice merupakan pendekatan yang lebih menitik beratkan pada kondisi terciptanya keadilan dan keseimbangan bagi pelaku tindak pidana dan korbannya dengan melibatkan para tokoh dan stakeholder sebagai pihak yang menyaksikan proses penyelesaian secara musyawarah mufakat, sehingga kasus pelanggaran hukum tidak perlu diproses ke lembaga penegak hukum,” ujar Mia dihadapan Camat Cinere, H. Sugianto, Kapolsek Cinere, Kompol Suparmin dan Lurah Cinere, Pupung Purwawijaya serta sejumlah tokoh masyarakat dan Ulama Cinere.

Mia menambahkan, selain dinilai lebih epektif dan dapat memenuhi rasa keadilan yang berhati nurani, penerapan program restorative justice juga dapat menghemat pengeluaran kas negara dari sisi pembiayaan pelaksanaan proses pengadilan, untuk itu dirinya berharap nanti masyarakat dapat memilah Milah mana kasus pelanggaran hukum yang bisa diselesaikan secara musyawarah ditingkat bawah dan mana pula kasus pelanggaran hukum yang harus di proses ke lembaga penegak hukum.

“Kami berencana akan membentuk tim pelaksana sosialisasi program restorative justice disetiap wilayah Kelurahan dan sebelum melaksanakan rencana tersebut, kami terlebih dahulu akan melaksanakan koordinasi dengan Camat dan Lurah guna mengetahui kesiapan wilayah dalam mensupport penerapan program restorative jaustice diwilayahnya,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu Kapolsek Cinere, Kompol Suparmin mengatakan siap membantu pihak Kejari untuk merealisasikan penerapan program restorative justice di wilayah Kecamatan Cinere dan Kecamatan Limo sebagai wilayah hukum Polsek Cinere.

“Tentu kami akan mendukung penerapan program restorative justice bahkan sebelumnya kami sudah menerapkan metode restorative justice saat menangani kasus pencurian kucing beberapa waktu silam,” ujar Suparmin.

Satali dua uang, Camat Cinere H. Sugianto mengaku sangat menyambut baik rencana sosialisasi program restorative justice kepada warga Kecamatan Cinere.

“Nanti kami akan sampaikan kepada semua Lurah untuk menyiapkan tempat untuk sekretariat tim pelaksana program restoratif justice guna membantu warga untuk mengetahui secara detail terkait restorative justice,” tutup Ugi sapaan akrab H. Sugianto. n Asti Ediawan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here