Jembatan Terendam, Hampir Seminggu Jalan Penghubung Sawangan-Cipayung Terputus

105
Terlihat beberapa anak-anak saat bermain di lokasi banjir Jalan Mawar

Sawangan | jurnaldepok.id
Sudah hampir seminggu ini Jalan Mawar yang merupakan akses penghubung Pasir Putih, Sawangan-Kampung Bulak Barat, Cipayung belum bisa dilintasi.

Pasalnya, air Kali Pesanggrahan yang meluap menutup akses jembatan penghubung dan jalan yang berada di lokasi tersebut.

“Kami sudah sampaikan untuk normalisasi Kali Pesanggrahan ke PUPR agar dilakukan pengerukan dari hilir ke hulu, memang terjadi pendangkalan di lokasi itu,” ujar Cucu Suwardi, Lurah Pasir Putih kepada Jurnal Depok, Sabtu (12/03).

Ia menambahkan, pihaknya juga sudah melakukan koordinasi dengan ketua lingkungan setempat termasuk pihak Kecamatan Cipayung.

“Kami Bersama Pak Sekcam Cipayung juga sudah berkoordinasi dengan Kadis PUPR. Intinya minta segera dilakukan langkah agar akses jalan pengubung ini bisa segera dilewati,” paparnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, air Kali Pesanggrahan meluap karena intensitas hujan cukup tinggi beberapa hari terakhir termasuk air kiriman dari Bogor.

“Selain itu, memang terjadi pendangkalan juga di alirain kali. Padahal jembatan sudah ditinggin namun masih terendam air,” katanya.

Jalan Mawar yang berada di lingkungan RT 03/04 Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan, merupakan akses penting bagi masyarakat Sawangan dan Cipayung.

Sebelumnya, Anggota Komisi C DPRD Kota Depok, Khairullah Ahyari mendesak Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) serta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok, segera berkooordinasi dengan BBWSCC melakukan kajian penanganan longsor di Jalan Usman Bontong RT 03/02 dan banjir di Jalan Mawar RT 03/4 Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawagan.

“Ini penting dan darurat, mereka harus segera merevitalisasi TPA Cipayung sekaligus Kali Pesanggrahan agar bisa direalisasikan,” ujar Khairullah saat menugunjungi lokasi longsor bersama aparatur Kelurahan Pasir Putih, Kamis (11/11/21).

Hal senada diungkapkan oleh Anggota Komisi B DPRD Kota Depok, Yuni Indriani mendesak Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) dan Pemerintah Kota Depok untuk cepat tanggap mengatasi banjir dan longsor di wilayah Pasir Putih, Kecamatan Sawangan.

“BBWSCC dan Pemkot Depok harus segera melakukan normalisasi Kali Pesanggrahan karena kondisinya sudah memprihatinkan dan mengalami abrasi,” ujar Yuni kepada Jurnal Depok, Senin (08/11/21).

Politisi PDI Perjuangan itu menegaskan, dalam persoalan mengatasi banjir dan longsor tidak mungkin dilakukan oleh Pemerintah Kota Depok sendiri, melainkan ada tanggungjawab dari BBWSCC.

“Penanganannya harusnya diturap, karena itu pusat (BBWSCC,red). Kami juga mendengar Pak Camat sudah bertemu BBWSCC dan dinas terkait, mereka menunggu bantuan. Segera berkirim surat, kalau duit sendiri (APBD,red) enggak akan cukup,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here