Pakai Plat Nomor Palsu, Mobil Daus Mini Dikejar-kejar Polisi di Kawasan Margonda

548
Tim 3P berhasil mengamankan mobil milik Daus Mini di kawasan Margonda

Margonda | jurnaldepok.id
Tim Patroli Printis Presisi Polres Metro Depok mengamankan satu unit mobil yang ditumpangi pelawak atau komedian Ahmad Firdaus atau yang dikenal Daus Mini.

Petugas mengamankan mobil tersebut karena menggunakan strobo dan diduga mempergunakan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) palsu.

Wakateam 3P, Aiptu Suwinta mengatakan, Kamis (10/3) dinihari dirinya bersama 10 personil gabungan dengan Tim Opsnal Polrestro Depok melintas dan melihat mobil warna hitam dop berkendara kencang dengan menghidupkan lampu strobo di Jalan Margonda arah Jakarta.

“Anggota langsung mengejar mobil jenis Toyota Fortuner hitam tersebut dan dihentikan tepat di bawah kolong Universitas Indonesia. Setelah kami hentikan pengemudi mobil Bambang Sisworo, dengan seorang penumpang Ahmad Firdaus akrab disapa Daus Mini, diketahui aktor sekaligus pelawak disuruh turun diberitahu telah melanggar aturan lalu lintas penggunaan lampu strobo bukan untuk peruntukan,” ujarnya, kemarin.

Pelanggaran lain yang ditemukan anggota, lanjut Suwinta, adalah pada plat TNKB mobil tidak sesuai dengan STNK yaitu B 787 AUS.

“Dengan demikian diduga ada pelanggaran Pasal 263 KUHP tentang pemalsuan surat kendaraan. Sopir, sama penumpang serta kendaraan mobil saat itu juga langsung dibawa ke Polres Metro Depok untuk diserahkan ke petugas Piket Reskrim Polres Metro Depok untuk diproses lebih lanjut. Alasan Pak Daus Mini ke kami saat diperiksa surat-suratnya kenapa menggunakan lampu strobo bukan peruntukannya, karena untuk menghindari orang,”katanya.

Terpisah Kasat Reskrim Polres Metro Depok, AKBP Yogen Heroes Baruno mengatakan penyerahan pengemudi dan pengendara mobil dari Tim 3 P dini hari tadi tidak terbukti melanggar Pasal 263 KUHP tentang pemalsuan surat kendaraan.

“Kedua orang tersebut hanya kami interogasi saja. Untuk pemalsuan surat kendaraan tidak terbukti karena yang bersangkutan hanya memalsukan TNKB plat mobilnya bukan untuk STNK atau BPKB ,” tandasnya.

Selain itu perwira menengah jebolan Akpol 2002 ini menambahkan, terkait pelanggaran lampu Strobo dan plat nomor palsu masuk ke ranah lalu lintas.

Terpisah Kasat Lantas Polres Metro Depok, AKBP Jhoni Eka Putra mengatakan, diatas aturan hitamnya tetap petugas mengambil langkah represif berupa penindakan tilang.

“Dalam Operasi Keselamatan Jaya 2022 ini salah satu sasaran pelanggaran adalah penggunaan strobo bukan pada tempatnya termasuk penggunaan TNKB Palsu untuk unit kendaraan Mobil Toyota Fortuner hitam milik aktor Daus Mini kami tindak,” tegasnya.

Dia menambahkan, Daus Mini selaku pemilik kendaraan telah melanggar Pasal 287 ayat 4 UU Lalu Lintas dengan ancaman pidana 1 Tahun atau denda bayar Rp 250 ribu.

“Jika Pak Daus tidak mau membayar sesuai pasal yang ada, maka konsekuensinya adalah harus ditahan selama setahun sesuai pasal UU Lalin yang ada,” pungkasnya. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here