Awas! Kopi Jakarta Bandung Hingga Lintah Hitam Papua Dinyatakan Berbahaya & Ilegal

456
H Supian Suri

Margonda | jurnaldepok.id
Pemerintah Kota Depok dalam hal ini Sekretaris Daerah telah merilis jenis obat tradisional dan makanan yang dianggap berbahaya.

Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Depok, H Supian Suri dalam suratnya mengungkapkan, hal itu berkenaan dengan adanya informasi tentang pangan olahan dan obat tradisional ilegal dan mengandung bahan kimia obat.

Dikatakannya, berdasarkan siaran pers Badan POM pada tanggal 4 Maret 2022 tentang hasil operasi penindakan pada produksi dan peredaran produk ilegal di Kota Bandung dan Kabupaten Bogor, ditemukan produk jadi pangan olahan dan obat tradisional mengandung Bahan Kimia Obat (BKO) yang merupakan bahan yang dilarang digunakan dalam obat tradisional dan pangan olahan karena dapat menimbulkan risiko tinggi dan efek samping yang dapat membahayakan kesehatan.

“Pangan olahan dan obat tradisional sebagaimana angka dimaksud adalah Kopi Jantan, Kopi Cleng, Kopi Bapak, Spider, Urat Madu, dan Jakarta Bandung,” ujarnya, Kamis (10/03)

Selain itu, sambungnya, hasil pengawasan dan pembinaan sarana distribusi obat tradisional yang dilakukan Dinas Kesehatan Kota Depok bersama LOKA POM di Kabupaten Bogor pada tanggal 8 Maret 2022, ditemukan produk dengan Nomor Izin Edar (NIE) fiktif yaitu Kopi Cleng, Kopi Jantan, Kopi Bapak, Urat Madu, Urat Madu Black, Jamu Jawa Asli Dua Singa, Jamu Pegal Linu Cap Akar Daun dan Jamu Jakarta Bandung.

“Ditemukan juga obat oles Tanpa Izin Edar (TIE) yaitu Lintah Hitam Papua,” paparnya.

Supian yang juga menjabat Ketua Tim Koordinasi Pengawas Obat dan Makanan Kota Depok juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membeli dan menjual produk tersebut karena dapat membahayakan kesehatan.

“Apabila masyarakat mengetahui adanya peredaran (pembelian atau penjualan) produk sebagaimana tersebut di atas, maka dapat melaporkan ke Dinas Kesehatan cq. Seksi Kefarmasian dan Pengawasan Makanan (No.WA 0812 8242 7341),” jelasnya.

Untuk memastikan suatu produk pangan dan obat tradisonal aman untuk dikonsumsi, kata dia, masyarakat diimbau untuk memeriksa terlebih dahulu kemasan, label, izin edar dan kadaluarsanya.

“Izin edar produk dapat dicek melalui Aplikasi Cek BPOM atau laman https://cekbpom.pom.go.id,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here