PDIP Komitmen Ogah Tunda Pemilu, Ada Dugaan Usulan Dilakukan Atas Kepanikan Partai Tertentu

72
Waras Wasisto

Pancoran Mas | jurnaldepok.id
Pengurus DPP Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, Waras Wasisto menegaskan komitmen partainya untuk menolak penundaan pemilu.

“Rilisnya Pak sekjen sudah tegas, bagi PDI Perjuangan kami akan taat konstitusi. Jadi kami enggak ada pembicaraan penundaan pemilu,” ujar Waras kepada Jurnal Depok, kemarin.

Dari itu, sambungnya, tahapan pemilu yang salah satu indikatornya adalah pelantikan Komisioner KPU dan Bawaslu terpilih harus segera dilaksanakan.

“Karena begitu mereka dilantik, tahapan pemilu secara otomatis akan berjalan,” paparnya.

Waras yang juga merupakan Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Dapil Depok-Bekasi mengatakan, ia melihat adanya dorongan penundaan pemilu yang dilakukan oleh beberapa partai, hal tersebut merupakan pendapat pribadi partai.

“Kami melihat itu pendapat pribadi ketua umumnya atau partainya. Namun bisa saja, karena dua minggu lalu semua lembaga survei nasional merilis tingkat elektabilitas partai. Dari rilis itu konon ada beberapa partai yang tidak masuk parliamentary threshold,” katanya yang berencana pindah Dapil ke Bekasi-Karawang.

Bisa saja, kata dia, hasil rilis tersebut membuat panik partai-partai tertentu karena takut tidak tercapai parliamentary threshold.

“Kami masih yakin dengan komitmen Ibu Ketum, bahwa tidak ada cerita untuk menunda pemilu 2024. Kami taat konstitusi, kalau mau ditunda ubah dulu kontitusinya. Kami yakin Ibu Ketum komit dengan konstitusi, itu kuncinya,” tegasnya.

Seperti diketahui, tiga partai yakni Golkar, PKB dan PAN sedang gencar-gencarnya menyuarakan agar Pemilu 2024 ditunda. Usulan tersebut kini menimbulkan kontra di masyarakat. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here