Wujudkan Kasawan Yang Asri, DLHK dan Kecamatan Cinere Tanam Pohon Penghijauan

44
Camat Cinere saat melakukan tanam pohon penghijauan

Cinere | jurnaldepok.id
Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, Ety Suryahati didampingi Camat Cinere, H. Sugianto belum lama ini memantau kegiatan penanaman pohon penghijauan di sejajar ruas Jalan Raya Cinere tepatnya depan Cinere Mal RW 06 Kelurahan Cinere, Kecamatan Cinere.

Kepada Jurnal Depok, Camat Cinere, H. Sugianto mengatakan penanamam pohon penghijauan disisi ruas Jalan Raya Cinere selain bertujuan untuk membuat kawasan depan pertokoan Blok A dan Cinere Mal menjadi lebih asri , juga dimaksudkan untuk mencegah luapan air kepermukaan tanah saat turun hujan.

“Kawasan depan Cinere Mal merupakan salah satu titik rawan banjir, hal ini disebabkan tidak adanya pohon penghijauan yang serapan air tanah relatif lamban sehingga menimbulkan genangan diatas bidang jalan,” ujar Ugi sapaan akrab H. Sugianto.

Diakui Ugi, sepanjang ruas Jalan Raya Cinere masih minim pohon penghijauan sehingga tidak mengherankan jika kawasan seputar jalan kerap mengalami banjir saat curah hujan tinggi.

“Memang disepanjang ruas Jalan Raya Cinere masih sangat minim pohon penghijauan sementara dibeberapa titik saluran air (Drainase) juga tidak berfungsi optimal, ini yang memicu terjadinya genangan air saat hujan, oleh sebab itu kami sangat berterimakasih kepada Dinas Lingkungan Hidup Kota Depok yang telah memberikan bantuan bibit pohon Tabebuya untuk ditanam diatas lahan pembatas jalan depan Cinere Mall, kami berharap kelak keberadaan pohon penghijauan ini akan meminimalisir genangan air dikawasan pertokoan Blok A dan depan Cinere Mal,” paparnya.

Dia menambahkan, pada kegiatan penghijauan kawasan seputar ruas Jalan Raya kali ini, pihaknya menanam 25 pohon Tabebuya di ruas Jalan Raya Cinere seraya berharap program penghijauan ini dapat ditindak lanjuti di kawasan ruas Jalan Raya lainnya diwilayah Kecamatan Cinere seperti di Jalan Raya Bukit Cinere.

“Kawasan Jalan Raya Bukit Cinere juga masih minim pohon penghijauan, ini menjadi target titik lokasi penanaman pohon penghijauan berikutnya, sedangkan untuk jalur Gandul – Pangkalan Jati pohon penghijauan diseputar jalan sudah cukup banyak,” kilahnya.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, Ety Suryahati meminta kepada warga dan para pelaku usaha disekitar ruas Jalan Raya Cinere agar merawat tanaman penghijauan yang telah ditanam dipembatas Jalan agar bisa tumbuh dan bermanfaat bagi warga dan pengguna jalan.

“Untuk bibit tanaman kami di DLHK siap membantu dan kami berharap kepada warga untuk merawat tanaman penghijauan diseputar jalan raya agar bisa tumbuh subur dan bermanfaat semua,” tutup Ety. n Asti Ediawan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here