Masih Yang Pertama di Indonesia, Peringkat UI Kini Melesat Tajam di Posisi 649 Dunia

83
istimewa

Beji | jurnaldepok.id
Rektor Universitas Indonesia, Prof. Ari Kuncoro mengungkapkan, bersamaan dengan Dies Natalis ke 72 tahun, UI menerima kabar baik bahwa Webometrics Ranking of World Universities menempatkan UI di posisi satu di Indonesia dan peringkat 649 di dunia.

“Pada edisi sebelumnya di bulan Juli 2021, UI menempati peringkat 729 se-dunia, dan peringkat 9 se-Asia Tenggara. UI adalah satu-satunya perguruan tinggi Indonesia yang masuk dalam peringkat 10 besar di Asia Tenggara,” ujarnya, kemarin.

Pada edisi Januari 2022, sambungnya, selain tetap berada pada posisi teratas di Indonesia, UI mencapai peningkatan yang luar biasa dengan menempati peringkat 649 se-dunia yang artinya UI berhasil melesat sebesar 80 peringkat apabila dibandingkan dengan tahun lalu.

“UI juga berhasil mempertahankan posisinya pada peringkat ke-9 se-Asia Tenggara,” paparnya.

Dikatakannya, tahun ini Indonesia mengalami disrupsi dalam kehidupan normal dengan adanya pandemi Covid-19.

“Selama hampir dua tahun Indonesia banyak belajar tentang pandemi ini dan betapa pentingnya hidup di lingkungan yang bersih, sehat dan lestari,” jelas Ari.

Di sisi lain, pandemi ini juga memberikan kesempatan untuk merefleksikan dan mendefinisikan ulang bagaimana cara mengelola perguruan tinggi serta dampak kegiatan kampus bagi lingkungan hidup, sosial, dan ekonomi masyarakat sekitar dan di Indonesia.

“Mengingat saat ini masih berada dalam situasi pandemi Covid-19. dedikasi yang luar biasa dari warga UI maupun para alumni berupa sumbangsih nyata bagi Indonesia, sudah menjadi “perayaan” perjalanan UI selama lebih dari tujuh decade,” ungkapnya.

Saat ini, kata dia, UI yang semula merupakan traditional mission university, bergerak menuju entrepreneurial university. Hal itu ditandai dengan koneksi antara pendidikan, penelitian dengan inovasi, dan kewirausahaan. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here