Terjebak di Dalam Rumah, Belasan Warga Korban Banjir Dievakuasi

156
Petugas saat melakukan evakuasi terhadap korban banjir

Cipayung | jurnaldepok.id
Hujan deras yang mengguyur Kota Depok dan sekitarnya pada, Rabu (16) hingga Kamis (17/2) dinihari mengakibatkan sejumlah wilayah banjir dan belasan warga dievakuasi menggunakan perahu karet.

Seperti yang terjadi di wilayah Bulak Barat, Kecamatan Cipayung dan Pasir Putih, Sawangan, petugas terpaksa melakukan evakuasi warga menggunakan perahu karet akibat pemukiman mereka terendam banjir.

Data yang dihimpun menyebutkan, dua lokasi yang cukup parah diterjang banjir itu yakni di kawasan Jalan Bulak Barat, RT 04/07 dan di Jalan Pasir Putih, Gang Alif RT 03/01, Sawangan.

Kabid Pengendalian Operasional pada Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Welman Nipospos mengungkapkan, pihaknya mendapat laporan terkait warga yang terjebak banjir dengan ketinggian air sekira lebih dari satu meter pada waktu yang berbeda.

Di Bulak Barat pihaknya mendapat aduan sekira pukul 20:30 WIB, Rabu 16 Februari 2022, sedang di wilayah Pasir Putih mendapat laporan sekira pukul 01:00 WIB, Kamis dinihari.

“Kalau di Bulak Barat ada lima orang yang kami evakuasi. Sedangkan yang cukup banyak itu di wilayah Pasir Putih, ada sekira 30 KK (kepala keluarga) yang kami evakuasi menggunakan perahu karet,” ujarnya, Kamis (17/02).

Dia menambahkan, banjir terjadi akibat hujan deras sejak sore hingga malam dan menyebabkan Kali Pesanggrahan meluap. Adapun ketinggian air saat itu, sedalam lebih dari satu meter. Welman memastikan tidak ada korban jiwa dalam musibah itu.

“Petugas Damkar dan Penyelamatan Kota Depo kberhasil mengevakuasi seluruh korban ke lokasi yang lebih aman. Alhamdulillah semua selamat,” jelasnya.

Saat ini, kata dia, banjir mulai surut dan menyisakan endapan lumpur di pemukiman warga.

Sementara itu, Kapolsek Bojongsari Kompol M. Meltha Mubarak mengatakan, hujan deras terus menguyur Kota Depok mulai dari siang hari kemarin, membuat aliran di debit air Kali Pesanggarahan meluap ke perumahan warga.

“Akibat dari luapan Kali Pesanggarahan tersebut ada sejumlah rumah warga berdampak kerendam banjir hampir sedada orang dewasa,” tandasnya.

Pihaknya menghubungi Tim Damkar Kota Depok langsung datang ke TKP dan melakukan evakuasi para pemilik rumah yang terjebak banjir.

“Ada tiga kepala keluarga yang rumahnya kerendam banjir hingga sedalam hampir satu meter. Pemilik rumah kini sudah dievakuasi petugas Damkar UPT Sawangan ke tempat yang tinggi,” ungkapnya.

Dia menuturkan kondisi terkini di lokasi banjir sudah mulai surut.

“Curah hujan masih tinggi, diminta kepada warga yang khususnya tinggal di bantaran kali untuk berhati-hati dan waspada sewaktu – waktu banjir bisa datang lagi,” pungkasnya. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here