Setelah Dewi Sartika, Pemkota Depok Mulai Rancang Pembangunan Underpass Citayam

260
Gubernur didampingi Wali-Wakil Wali Kota Depok, DPRD Provinsi dan kontraktor proyek foto bersama usai melakukan ground breaking Dewi Sartika

Margonda | jurnaldepok.id
Usai membangun underpass di Jalan Dewi Sartika, Pemerintah Kota Depok berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan membangun underpass di Jalan Citayam.

Walikota Depok, Mohammad Idris mengatakan itu saat menghadiri groundbreaking underpass Jalan Dewi Sartika, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok.

“Alhamdullilah apa yang sudah diinginkan warga Depok sudah tercapai salah satunya underpass Dewi Sartika,” ujarnya, Senin (14/02).

Idris menambahkan, setelah pembangunan underpass Dewi Sartika selesai, rencana kedepan pembangunan underpass Jalan Citayam.

Dia mengharapkan pembangunan flyover dan underpass di kedua kawasan itu dapat mengatasi kemacetan yang sudah dikeluhkan warga.

Sementara itu Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meresmikan awal pembangunan underpas Jalan Dewi Sartika, Kota Depok.

“Alhamdulillah saya kembali ke sini membawa kabar baik buat warga Depok. Insya Allah lalu lintas di Depok makin lancar dengan adanya underpass Dewi Sartika,” tandasnya.

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu mengungkapkan, proyek strategis Jawa Barat ini diprediksi akan memakan waktu sembilan sampai 10 bulan ke depan.

Lebih lanjut ia menjelaskan, proyek underpass baru ini akan menghilangkan pertemuan lalu lintas dengan jalur kereta api yang selama ini karena sering membuat macet luar biasa dan produktivitas juga jadi tersendat.

“Nilai proyeknya adalah kurang lebih Rp 180 miliar itu untuk pembebasan, dan Rp 108 miliar itu untuk konstruksi. Kami kerjasama pembebasannya oleh Pemerintah Kota Depok dan konstruksinya dari dana Provinsi Jawa Barat,” jelasnya.

Terkait hal itu, ia pun memohon pada pemerintah daerah untuk memonitor pelaksaan proyek tersebut.

“Mudah-mudahan ini menjadi jawaban terhadap aspirasi yang sering kami dengarkan terkait beberapa kemacetan di Kota Depok,” katanya.

Untuk diketahui underpass Jalan Dewi Sartika ini sekilas mirip dengan disain tapal kuda yang ada di kawasan Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Nantinya, arus lalu lintas menuju Dewi Sartika dan Margonda tak akan lagi terhalang perlintasan kereta api.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) optimimis pembangunan underpass di Jalan Dewi Sartika, Kecamatan Pancoranmas, Kota Depok, dapat dikerjajan dalam waktu satu tahun.

Dia menargetkan, proyek pembangunan akan selesai pada 27 Desember 2022. Meski demikian, menurutnya masih ada tiga bidang yang masih harus dibebaskan. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here