Gubernur Siapkan Dana Rp 30M, Alun Alun Sabojong Segera Terwujud di Tahun Depan

526
Gubernur didampingi Wali-Wakil Wali Kota Depok saat meninjau lokasi Alun Alun Sabojong di pesisir Situ 7 Muara

Sawangan | jurnaldepok.id
Rencana Pemerintah Kota Depok untuk membangun Alun Alun Sawangan-Bojongsari (Sabojong) akan segera terwujud. Terlebih, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil didampingi Wali-Wakil Wali Kota Depok, Mohammad Idris-Imam Budi Hartono, telah meninjau langsung lokasi yang terletak di area Sawangan Golf.

“Untuk pembangunan alun alun memang ada anggaran tahunan, nanti bisa kombinasi. Tahun ini perencanaan dan tahun 2023 dibangun. Apakah dananya kombinasi seperti Dewi Sartika atau seperti apa, kan perencanaanya baru dimulai. Apakah dananya sedang atau tinggi,” ujarnya, Senin (14/02).

Namun begitu, pria yang akrab disapa Kang Emil berkomitmen untuk mewujdkan itu terlebih ruang publik simbolis ini harus juara dan merata di daerah lain.

“Kami juga menerima aspirasi dari Pak Wali, kalau timur sudah ada alun alun, wilayah barat juga perlu. Lokasinya juga istimewa karena nempel dengan Situ 7 Muara Bojongsari,” paparnya.

Kedepan, Emil akan kembali lagi (ke lokasi,red) dan berharap Bappeda mengajukan permohonan.

“Anggaran bisa dari provinsi atau gabungan dan tahun depan mulai kerja. Kami memiliki program strategis (anggaran tahunan,red). Anggaran dari Rp 15-30 miliar,” jelasnya.

Ia berharap, Alun Alun Sabojong nantinya harus ada ikon yang menjadi kebanggaan masyarakat dan pengunjung jika datang ke lokasi.

“Nanti bisa dibangun menara di tengah-tengah situ nya. Pak Wali sudah janji jika nanti ini sudah clear maka aksesnya akan dimuluskan. Kalau sekarang belum jelas konsepnya seperti apa,” terangnya.

Sementara itu Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan, pihaknya sudah melayangkan disain terkait pembangunan alun alun kepada gubernur.

“Ini tinggal masalah konstruksinya saja, karena kemarin dihitung-hitung APBD Depok agak mepet, makanya harus melirik ke provinsi. Beliau (Gubernur,red) meresponnya, paling tidak kolaborasi, tidak semuanya dicover oleh provinsi, termasuk kami gandeng juga PT Pakuan,” tandasnya.

Dikatakannya, pada 2023 mendatang ada anggaran tematik dari provinsi salah satunya terkait pembangunan alun alun.

“Itu dianggarkan per alun alun Rp 20 miliar lebih, tergantung luasannya. Bisa saja misalnya Rp 200 miliar karena ini yang dibangun cukup luas. Untuk anggaran dari Depok kami akan lihat, begitu juga nanti dari provinsi dan pusat. Setelah itu akan dipastikan di KUAPPAS, kalau RKPD programnya sudah, penghitungan anggarannya di KUAPPAS dan disesuaikan dengan kesiapan provinsi,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Gubernur, wali dan wakil wali kota didampingi kepala OPD menyempatkan diri berkeliling ke Situ 7 Muara menggunakan perahu air. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here