Alhamdulillah…Depok Segera Miliki Masjid Raya, Ini Lokasinya

696
Gubernur didampingi Wali Kota Depok saat meninjau lokasi masjid raya

Margonda | jurnaldepok.id
Pemerintah Kota Depok berencana membangun Masjid Raya di Jalan Margonda, Kelurahan Pondokcina, Kecamatan Beji. Dimana, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil akan menjadi arsiteknya.

Sebelum ke area lahan yang akan dijadikan masjid, Ridwan Kamil dan Wali Kota Depok, Mohammad Idris berkunjung ke SDN Pondok Cina 1 melihat denah lokasi masjid yang telah terpasang di sana.

Dirinya bersama rombongan kemudian berjalan kaki menyisir lokasi pembangunan dari Gang Lengkeng RT 03/01 Kelurahan Pondokcina, Beji, yang berada tepat di sebelah sekolah.

“Kami ingin mewujudkannya, mudah-mudahan tahun depan bisa kami wujudkan. Kami minta
juga Pak Gubernur bersedia menjadi desainernya,” ujar Idris, Senin (14/02).

Idris mengatakan, masjid ini merupakan yang pertama dibangun di Jalan Margonda Raya.

“Selama 22 tahun Kota Depok enggak punya tempat ibadah umat Islam di sepanjang Jalan Margonda,” paparnya.

Dalam kesempatan itu Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil ikut mengecek lokasi didirikannya masjid raya tersebut pagi ini. Idris berharap pembangunan berjalan lancar.

Dia mengatakan, Pemkot akan membangun dua masjid agung di Depok, yakni di Jatijajar, Kecamatan Tapos dan di wilayah Pondok Cina, Kecamatan Beji.

“Kami punya aset di Jatijajar, di depan terminal hampir dua hektar. Satu lagi di Pondok Cina. Keduanya untuk didirikan masjid raya. Jadi satu di Margonda satunya di Jalan Raya Bogor,” katanya.

Masjid agung yang berlokasi di Jatijajar akan dibangun pada tahun 2023 mendatang. Sedangkan masjid agung di Pondok Cina akan dibangun pada 2024.

Perihal desain masjid, rencananya akan dirancang oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, yang juga dikenal sebagai seorang arsitek. Nantinya, diharapkan kedua masjid itu akan menjadi objek wisata religi.

“Saya sudah mengajukan ke Gubernur, untuk gambar desain dari beliau, dan pelaksanaan Detail Engineering Design (DED) dari kita sesuai desain yang dibuat beliau,” jelasnya.

Menanggapi hal tersebut, Ridwan Kamil menganggukkan kepala dan memastikan akan membuat gambar disainnya.

“Oke nanti saya buatkan,” pungkas Kang Emil. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here