Aktivitas TPU Pasir Putih Mulai Sibuk, Jenazah Dimakamkan Menggunakan Standar Covid

88
Petugas penggali makam saat memakamkan jenazah menggunakan SOP Covid

Sawangan | jurnaldepok.id
Pemakaman jenazah dengan menggunakan protoko kesehatan di Taman Pemakaman Umum (TPU) Pasir Putih, Kecamatan Sawangan, mulai sibuk.

Koordinator TPU Pasir Putih, Nurmat mengatakan, sejak beberapa hari belakangan, penghuni TPU yang dikuburkan menggunakan protokol Covid-19 bertambah setiap harinya.

“Sudah empat hari kebelakang ini, setiap harinya ada dua jenazah yang dimakamkan menggunakan protokol Covid-19,” ujarnya, kemarin.

Nurmat mengatakan, jika dibandingkan hari biasa sepi bahkan cenderung tidak ada jenazah yang dikuburkan menggunakan protokol Covid-19.

“Kalau kemarin-kemarin enggak ada sama sekali, dari empat hari kemarin tuh sudah ada yang masuk, sehari dua,” katanya.

Nurmat mengatakan, sudah mempersiapkan skenario apabila terjadi lonjakan secara tiba-tiba.

“Skenarionya, setiap hari ada atau tidak ada jenazah, kami menggali dua lubang, jadi sewaktu-waktu ada jenazah Covid-19, lubang sudah siap,” paparnya.

Selain itu juga, kata dia, pihaknya mulai mempersiapkan alat pelindung diri (APD) seperti masker, sarung tangan dan baju hazmat.

“Ini yang kami butuhkan APD, dan sarana lainnya sebagai penunjang saat melakukan pemakaman jenazah Covid-19,”katanya.

Nurmat mengatakan tengah mempersiapkan skenario menambah relawan dan menyiapkan alat berat, apabila setiap harinya sebanyak 10 jenazah yang masuk.

“Sejauh ini belum pakai alat berat dan tim pengubur juga hanya lima orang, nanti kalau memang sampai melonjak diangka 10, baru kami siapkan alat berat,” jelasnya.

Nurmat menambahkan, TPU Pasir Putih masih dapat menampung kurang lebih 4.000an jenazah lagi.

“Luasan lahan di sini 8 hektare, yang terpakai baru 2 hektare, artinya masih bisalah menampung 4.000 an jenazah,” ungkapnya.

Sementara itu koordinator relawan Larasati Beji yang menangangi jenazah Covid-19, Sutrina atau biasa disapa Nano menambahkan, timnya kembali disiagakan paska merebaknya kasus Covid-19.

“Kami dan teman teman relawan Larasati kembali siaga, pada beberapa hari lalu menangani pemulasaran Covid-19,” tukasnya.

Dia mengimbau kepada masyarakat untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here