Pernah Ditertibkan, Puluhan Bangunan Liar di Jalur Grogol-Krukut Makin Semrawut

169
Puluhan bangunan liar yang berada di jalur Grogol-Krukut

Limo | jurnaldepok.id
Puluhan bangunan liar (Bangli) disisi ruas Jalan Raya Grogol ditengarai menjadi biang keladi kesemrawutan seputar ruas Jalan dan mengganggu kelancaran arus lalu lintas.

Petugas Tramtibum Kelurahan Grogol, Kecamatan Limo, M. Cholid mengaku sudah berulang kali mengingatkan kepada para pemilik lapak dagangan dibibir kali cabang barat karena selain jelas jelas melanggar aturan, juga dapat memicu bahaya lantaran keberadaan bangunan liar sangat berdekatan dengan bibir ruas jalan.

“Beberapa tahun silam pernah ada penertiban bangunan liar disepanjang kali cabang barat hanya sayangnya tidak ada tindak lanjut dari aksi penertiban sehingga para pedagang liar kembali membangun lapak ditempat tersebut,” ujar Cholid kepada Jurnal Depok, kemarin.

Hal senada dilontarkan oleh Niman petugas Limas Kelurahan Grogol, Kecamatan Limo.
Dikatakan Niman, keberadaan bangunan liar dan aktivitas perniagaan dipinggir ruas jalan raya tidak hanya mengganggu kelancaran arus lalu lintas dan dapat memicu bahaya, namun juga kerap menimbulkan masalah kebersihan.

“Kalau soal mengganggu kelancaran arus lalu lintas itu pasti karena yang namanya warung pasti ada pengunjungnya sedangkan keberadaan lapak warung berdekatan dengan bahu jalan raya, namun yang harus diperhatikan juga soal sampah sisa aktivitas berjulan yang kerap dibuang kebidang kali, hal ini yang seharusnya lebih menjadi sorotan karena sekarang ini kawah bidang kali cabang barat sudah mengalami pendangkalan serius akibat banyaknya tumpukan sampah,” beber Niman.

Niman memprediksi jumlah bangunan liar dibibir kali cabang barat bakal terus bertambah jika tidak ada tindakan penertiban, terlebih lanjut dia menjelang bulan puasa banyak pedagang musiman yang membuat bangunan semi permanen dipinggir jalan sebagai tempat menjajakan dagangan.

“Biasanya kalau menjelang bulan puasa, jumlah gubuk para pedagangan makin banyak, itu yang bikin kumuh dan semrawut kawasan seputar ruas jalan raya,” imbuhnya.

Niman berharap sebelum bulan puasa tiba, sudah ada penertiban bangunan liar disisi kali cabang barat hal ini penting dilakukan untuk menekan tumbuh kembangnya bangunan liar dibibir tebing kali cabang barat mulai dari perbatasan dengan wilayah Kelurahan Mampang hingga depan perumahan Vila Mutiara RW 11, Kelurahan Grogol, Kecamatan Limo. n Asti Ediawan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here