Hubungan Dengan PPP Makin Mesra, Mayoritas Kader Inginkan Usung Anies jadi Presiden

283
Ketua DPP PPP, Andi Surya Wijaya saat memberikan sambutan di acara Musancab DPC PPP Depok

Sawangan | jurnaldepok.id
Partai Persatuan Pembangunan (PPP) saat ini semakin mesra menjalin hubungan dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan yang digadang-gadang bakal maju menjadi calon Presiden RI pada pemilu 2024 mendatang.

Kemesraan Anies dengan PPP belakangan ini tak dipungkiri oleh Ketua DPP PPP, H Andi Surya Wijaya Ghalib. Bahkan pihaknya telah mendapatkan masukan dari para kader untuk mengusung Anies pada pemilu mendatang.

“Sudah pasti, aspirasi dari kader kami akomodir, kan keputusan harus mayoritas,” ujar Andi kepada Jurnal Depok usai menghadiri acara Musancab PPP Dapil Sawangan-Bojongsari-Cipayung, Senin (0702).

Ia menambahkan, pihaknya tidak memungkiri bahwa mayoritas kader PPP menginginkan Anies diusung oleh PPP untuk jadi presiden.

“Aspirasinya seperti itu. Namun belum diputuskan, saat ini masih proses pendekatan saja dan pasti kami putuskan sesuai mekanisme serta berbasis survei, mana yang paling berpeluang menang. Tentunya kami juga akan membangun koalisi karena PPP tidak bisa mengusung sendiri,” paparnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, di PPP ada mekanisme yang nantinya mengatur dan memutuskan siapa calon yang akan diusung.

“Bahwa memang hari ini kami akui ada pendekatan baik PPP dengan Pak Anies maupun Pak Anies dengan PPP. Kami sedang membangun suasana kebatinan yang baik dan bersinergi,” jelas putra dari mantan Jaksa Agung RI, Andi Muhammad Ghalib.

Seperti dikutip dari TEMPO.CO, Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan, Arsul Sani mengungkapkan, jika DPP PPP saat ini mengembangkan mekanisme bottom-up soal Pilpres 2024 untuk seluruh anggotanya untuk mengekspresikan aspirasi politiknya terkait dengan paslon Pilpres 2024 nanti sebelum diambil keputusan final di forum permusyawaratan PPP secara nasional.

Berdasarkan survei Center for Political Communication Studies (CPCS) nama Anies Baswedan memang menjadi satu dari tiga nama teratas Capres 2024, selain Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Hasil survei itu menunjukkan Prabowo memiliki elektabilitas sebesar 18,3 persen, Anies 14,8 persen dan Ganjar menyusul pada peringkat tiga dengan meraih 14,5 persen.

Ihwal alasan partainya yakin dengan Anies Baswedan sebagai Capres 2024, anggota DPR RI itu tak menampik sedikit-banyaknya elektabilitas memang menjadi evaluasi politik, namun bukan satu-satunya.

“Tentu ada pertimbangan lain yang kami lihat, misalnya akseptabilitas di partai-partai lain yang akan menjadi kawan koalisi PPP,” pungkas Arsul. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here