Keren! Tepati Janji Kampanye, Wali-Wakil Wali Kota Mulai Garap Alun Alun Sabojong

478
Wakil Wali Kota Depok saat melihat siteplan pembangunan Alun Alun Sabojong

Sawangan | jurnaldepok.id
Wali-Wakil Wali Kota Depok, Mohammad Idris-Imam Budi Hartono terus berupaya merealisasikan janji kampanyenya. Setelah menggelontorkan bantuan untuk ribuan pembimbing rohani, Kartu Depok Sejahtera (KDS) dan mempersiapkan lahan untuk pembangunan sekolah madrasah negeri, kini mereka berdua akan menggarap Alun Alun wilayah barat yang berada di Kawasan Sawangan-Bojongsari (Sabojong).

“Alhamdulillah, saat ini ada fasos fasum yang akan kami jadikan alun alun wilayah barat seluas 2,5 hektar. Nantinya ini juga akan menjadi area publik di ruang terbuka baik tempat olah raga, rekreasi, semua ada disini,” ujar Imam kepada Jurnal Depok, kemarin.

Dikatakan Imam, saat ini prosesnya sedang dilakukan penjajakan terhadap proses penyerahan fasos fasum dari PT Pakuan Tbk.

“Segera, saat ini juga tengah dirancang DED nya. Mudah-mudahan tahun depan sudah bisa dilakukan pembangunan project nya. Insya Allah tahun ini DED nya selesai,” paparnya.

Untuk memuluskan pembangunan Alun Alun Sabojong yang persis berada di pesisir Situ Tujuh Muara, pihaknya juga akan menggandeng Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Kementerian PUPR.

“Tentu kami berharap ada bantuan dari provinsi maupun pusat terutama terkait dengan turap dan normalisasi situ nya. Untuk alun alun nya ini tugas dari Pemerintah Kota Depok,” katanya.

Ketika ditanya berapa besar anggaran untuk membangun Alun Alun Sabojong, Imam belum bisa merinci secara detail.

“Revitalisasi Situ Rawa Kalong saja Pemprov Jabar menganggarkan Rp 25 miliar. Ini belum dapat dilihat karena DED nya masih dalam proses,” jelasnya.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Badan Keuangan Daerah Pemerintah Kota Depok, Wahid Suryono yang juga belum bisa memastikan berapa besar anggaran untuk membangun Alun Alun Sabojong.

“Itu ada di DLHK, kami belum hafal berapa persisnya. Yang pasti pembangunan tahun depan, hitung-hitungan anggaran nanti dilihat DED nya dulu,” tandasnya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pemerintah Kota Depok, H Dadang Wihana mengungkapkan, Alun Alun Sabojong merupakan janji wali-wakil wali kota untuk wilayah barat.

“Rencananya di lokasi ini (Golf Sawangan,red), makanya kami pastikan dulu luas lahannya lalu nanti langsung dibuatkan DED nya di DLHK,” jelasnya.

Karena posisinya di pesisir Situ 7 Muara, pihaknya juga akan berhitung mana lokasi yang bisa dibangun dan tidak.

“Yang tidak bisa dibangun, nantinya untuk taman. DED tahun ini, mudah-mudahan tahun depan sudah bisa dibangun konstrukslinya. Tadinya akan dibangun di Tahura, namun aksesibilitas jalannya terlalu sempit dan terjadi kemacetan,” jelasnya.

Untuk pembangunannya, kata dia, pihaknya akan berkoordinasi dengan pemprov dan pemerintah pusat.

“Kami juga coba menggali dari APBD yang Depok miliki. Namun saat rakor dengan kepala Bappeda provinsi, banyak yang mendapatkan juga keuangan untuk alun alun. Dari itu akan kami usulkan juga ke provinsi,” ungkapnya.

Pihaknya juga belum bisa memastikan berapa besar anggaran untuk pembangunan Alun Alun Sabojong yang diyakini mampu mendongkrak perekonomian masyarakat di dua kecamatan yakni Sawangan-Bojongsari. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here