Gawat! Peliharaannya Semakin Besar, Tim Damkar Evakuasi Buaya dari Rumah Warga

343
Tim Damkar saat melakukan evakuasi buaya dari rumah warga

Cimanggis | jurnaldepok.id
Petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok berhasil menangkap seekor buaya di pemukiman warga di Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Cimanggis.

Kepala Bidang Pengendalian dan Operasional DPKP Kota Depok, Welman Naipospos kepada wartawan mengatakan, buaya tersebut dievakuasi dari pekarangan rumah milik Heru di RT 05/11, Mekarsari, Cimanggis.

Dia menambahkan, buaya tersebut dipelihara pemilik rumah sejak kecil dan hingga besar. Buaya tersebut memiliki panjang sekitar empat meter dengan bobot hingga 80 kilogram.

“Sebanyak delapan personil kami kerahkan untuk mengevakuasi buaya tersebut. Penangkapan dilakukan karena khawatir melukai penghuni rumah, dimana di dalam rumah ada empat orang, dua orang dewasa dan dua anak-anak,” ujar Welman.

Kepala Seksi Penanggulangan Kebakaran, Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Tessy Haryati menambahkan, buaya diangkut dari dalam kolam pemilik rumah.

“Sekitar satu jam waktu yang diperlukan. Buaya 80kg sudah diangkat dari kolamnya,” tandasnya.

Diperlukan tembakan berisi obat bius untuk mengevakuasi buaya agar tidak mengancam keselamatan petugas.

“Dua tembakan bius dilepaskan untuk melumpuhkan buaya. Satu dibagian perut dan satu di lidah,”katanya.

Sebelumnya, petugas juga menangkap seekor buaya sepanjang tiga meter yang ditangkap pemancing di Kali Pesanggrahan, Kecamatan Sawangan, beberapa waktu lalu.

Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Pemadam Kebakaran (Damkar) Depok, Denny Rumolo mengatakan, buaya tersebut telah diamankan di salah satu tempat yang ada di rutan. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here