Tahun Ini 8 Situ Direvitalisasi, Situ Tujuh Muara Bakal jadi Kawasan Wisata & Alun Alun

357
Wali Kota Depok bersama Lurah Bojongsari saat meninjau Situ Tujuh Muara

Bojongsari | jurnaldepok.id
Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengungkapkan, di tahun ini ada sekitar delapan situ yang akan direvitalisasi.

“Ada delapan situ yang akan direvitalisasi, kami minta 70 persen anggaran dari pemerintah pusat. Namun kami khawatir direfocusing karena ada lonjakan covid lagi, makanya kami belum sosialisasi secara luas,” ujar Idris kepada Jurnal Depok, kemarin.

Ia mengatakan, delapan situ yang akan direvitalisasi antara lain Situ Pengarengan, Sawangan, Pengasinan dan Situ Cilodong.

“Revitalisasi ini masih kewenangan pemerintah daerah, mudah-mudahan masih bisa kami laksanakan. Yang enggak bisa itu penataan dan pengelolaan, ini masih kami upayakan,” paparnya.

Pernyataan itu dikatakan Idris saat menunjau keberadaan Situ Tujuh Muara, Bojongsari. Dikatakannya, pihaknya juga sudah meminta dinas terkait untuk melakukan dokumentasi udara agar semakin jelas letak eksisting Situ Tujuh Muara.

“Terus akan kami benahi sebagai tempat hiburan masyarakat, akan kami kembangkan terus. Ya, memang harus kolaborasi antara pemerintah pusat dan provinsi serta masyarakat,” jelasnya.

Dikatakannya, Situ Tujuh Muara Bojongsari saat ini semakin meyakinkan untuk direalisasikan konstruksi sesuai aturan baik dari sisi kepemilikan lahan dan perencanaan.

“Kalau kajiannya sudah, jadi tinggal DED dan kosntruksinya serta system pengelolaannya harus ada SK Wali Kota berdasarkan arahan dari Gubernur. Karena ini pengelolaannya masih di pemerintah pusat diwakilkan ke Gubernur,” katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, Situ Tujuh Muara Bojongsari nantinya akan dibangun kawasan wisata baik komersil maupun berkonsep alun alun kota wilayah barat.

“Bisa jadi ini salah satu pilihan untuk itu,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here