Rutan Depok Gandeng Dinas Pendidikan, Narapidana Bakal Kejar Paket A, B dan C

53
Para napi saat dilakukan pembinaan di Rutan Depok

Cilodong | jurnaldepok.id
Rumah Tahanan atau Rutan Kelas I Depok bakal mengandeng Dinas Pendidikan Kota Depok untuk menyelenggarakan program Pendidikan Kesetaraan Paket A, B, dan C yang diperuntukkan bagi narapidana yang putus sekolah karena harus menjalani masa tahanan.

Kepala Rutan Kelas I Depok, Andi Gunawan mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya bakal menjalin kerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Depok dan pusat kegiatan belajar mengajar guna mewujudkan hal tersebut.

“Rencananya nanti kami bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Depok dan pusat kegiatan belajar mengajar akan melaksanakan kejar paket A B dan C,” ujar Andi, kemarin.

Andi mengatakan, program Pendidikan Kesetaraan tersebut harus diberikan kepada narapidana, agar mereka tetap mendapatkan kesempatan yang sama pada dunia pendidikan, meski harus menjalani masa tahanan akibat perbuatannya.

“Supaya warga binaan kami yang masih usia produktif tapi tidak bisa menamatkan sekolah bisa kami fasilitasi,”katanya.

Dia berharap, ketika bebas nanti dan adanya sertifikat kejar paket A, B, C bisa mendapatkan kesempatan yang sama dengan yang lainnya dalam melamar pekerjaan atau melanjutkan ke perguruan tinggi.

Selain itu pula, tambah Andi, dengan ditanamkannya modal pendidikan kepada para narapidana di Rutan Kelas I Depok, diharapkan dapat meningkatkan kualitas para pribadinya.

“Supaya nanti ketika dia bebas, bisa menjadi pribadi yang sadar hukum, taat hukum dan tidak melanggar hukum lagi,” tukasnya.

Andi mengatakan, saat ini rencana itu masih dalam pembahasan antara Rutan Kelas I Depok dengan Pemerintah Kota Depok dan dirinya berharap agar dapat segera terlaksana.

“Semoga secepatnya, sekarang kami perlu mempersiapkan dulu sarana dan prasana dan tenaga pengajarnya,” pungkasnya. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here