Kolong ARH Dipercantik, Wali Kota Ajak Warga untuk Menjaga dan Merawat Fasilitas

140
Wali Kota didampingi Bunda Elly saat meresmikan kolong fly over ARH

Laporan: Aji Hendro
Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengimbau kepada warga untuk menjaga taman tematik yang ada di bawah Fly Over Jalan Arif Rahman Hakim.

“Semua ini dalam rangka mewujudkan Kota Depok yang nyaman, Kota Depok yang berbudaya, tempat ini nantinya bisa digunakan oleh semua masyarakat. Nantinya diatur oleh Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Disporyata) Kota Depok,” ujar Idris saat soft launching penataan Kolong Fly Over Arif Rahman Hakim, kemarin.

Dia menambahkan, terkait soft launching ini, atas nama pribadi maupun pemerintah mengucapkan terima kasih kepada OPD terkait, K3D dan para stake holder dan lainnya.

“Ini sebagai penataan Kota Depok yang nyaman, sebagai leading sectornya adalah Disporyata sebagai user tempat ini. Harapannya agar kita menjaga dan merawat tempat ini secara bersama-sama, mohon bantuannya Pak Camat dan para lurah memantau pemanfaatan tempat ini. Insya Allah tahun 2022 Pemkot Depok akan membangun Taman Musik Depok,”katanya.

Idris juga meminta agar camat dan lurah memantau pemanfaatan kawasan Kolong Flyover Arif Rahman Hakim.

“Harapan saya, kita harus menjaga tempat ini, dengan sebaik-baiknya. Ini semua untuk kegiatan positif dan ini untuk kebaikan kita bersama, ini juga merupakan bukti kolaborasi pemerintah kerja sama dengan masyarakat dan stakeholder,” jelasnya.

Idris menyebutkan, segala kesulitan apa pun yang dihadapi di Kota Depok ini, dapat terselesaikan. Sebelumnya ada taman PLN yang juga menjadi ruang terbuka.

“Memang taman seperti ini disiapkan untuk masyarakat. Tapi harus tertib, bersih dan tidak menjadi tempat yang kumuh. Taman Fly Over ini merupakan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang berbasis komuntas masyarakat, dimana pembiyaanya boleh dari mana saja,” terangnya.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Disporyata) Kota Depok, Dadan Rustandi menambahkan, penataan itu dilakukan dengan melengkapi sederet fasilitas di sisi barat kolong jembatan layang atau fly over ARH.

“Fasilitas yang tersedia di antaranya taman lalu lintas, gym outdoor dan kantin, lapangan basket 3 on 3, lapangan futsal serta taman selfie. Fasilitas yang tersedia dapat dimanfaatkan masyarakat untuk spot foto,” tandasnya.

Selain itu ia juga memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menggali potensi olahraga.

“Kami sediakan sarana olahraga dan edukasi terkait Kota Depok agar bisa dimanfaatkan masyarakat untuk hal positif,” katanya.

Menurut Dadan, penataan kolong ARH dimaksudkan untuk menambah keindahan di sudut kota. Sebelumnya, tempat tersebut digunakan pedagang kaki lima (PKL) untuk berjualan, namun kini sudah ditertibkan Satpol PP Kota Depok.

“Semoga keindahan dan sarana yang ada dapat dimanfaatkan serta dijaga dengan baik oleh masyarakat,” harapnya.

Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Keolahragaan Disporyata Kota Depok, Rika Kamila menambahkan, pihaknya mempercantik dinding sisi barat bawah kolong flyover ARH juga dengan lukisan mural.

“Untuk mempercantik dinding sekitar 111 meter di setiap tiang penyangga dengan ketinggian 10 meter ini, kami mengerahkan 15 orang untuk melukis dengan berbagai tema,” jelasnya.

Dia menambahkan, kegiatan mempercantik kolong fly over ARH dengan lukisan mural ini sudah dilakukan sejak Desember 2021.

“Hingga kini proses pembuatannya masih berjalan. Kami buat mural di empat sisi yang berada di kolong ARH untuk menambah keindahan. Lukisan mural di fly over ARH ini dibuat dengan beberapa tema. Di antaranya, tema taman, tema lalu lintas, tema aerobik, tema futsal alam dan olahraga, tema taman kota, tema logo Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, dan tema taman kota,” pungkasnya. n

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here