Masih Suasana Libur Semester, UI Belum Pastikan Perkuliahan Tatap Muka

136
istimewa

Beji | jurnaldepok.id
Univeritas Indonesia hingga saat ini belum memutuskan akan melakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

Kepala Kantor Humas dan KIP Universitas Indonesia, Amelita Lusia mengatakan, saat ini UI masih dalam masa libur semester gasal, ditambah lagi pihak rektorat sedang melakukan penilaian tugas akhir mahasiswa dan pengumuman nilai semester.

“Pembelajaran sekarang masih libur, saat ini UI masih di masa penilaian tugas akhir, yang pengumuman nilai semester ini akan keluar minggu ini juga,” ujarnya, kemarin.

Amel mengatakan, pembahasan terkait pelaksanaan perkuliahan semester berikutnya, baru akan dibahas setelah pengumuman nilai semester keluar.

“Perkuliahan semester depan dimulai 7 Februari 2022, kalau ada pengumuman tentang perkuliahan di semester berikutnya, kemungkinan mendekati dimulainya perkuliahan semester depan,” paparnya.

Untuk itu, kata Amel, pihaknya belum bisa memastikan apakah perkuliahan di kampus UI bakal dilaksanakan secara PTM 100 persen atau tetap work from home (WFH).

“Sampai sekarang belum ada informasi terkait hal ini (PTM 100 persen, red),” kata Amel.

Sebelumnya Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengaku siap melaksanakan aturan PTM 100 persen tersebut.

“Ini memang sudah kesepakatan dan instruksi dari SKB Empat Menteri itu, no problem,” kata Idris kepada wartawan.

Idris mengatakan, dari persyaratan yang diberikan oleh SKB Empat Menteri yakni Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Kementerian Agama (Kemenag), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) diantaranya harus PPKM Level 1 dan 2.

“Minimal vaksinasi kepada pendidik dan tenga kependidikan (PTK) telah divaksin dosis ke-2 mencapai lebih dari 80 persen dan lansia yang divaksin dosis ke-2 mencapai lebih dari 50 persen, telah terpenuhi semua,” jelasnya.

Berdasarkan Inmendagri Nomor 67 tahun 2021 tentang PPKM Level 3, Level 2 dan Level 1 di Wilayah Jawa dan Bali tertanggal 13 Desember 2021, Kota Depok masuk dalam kategori PPKM Level 1.

“Sementara jumlah vaksinasi terhadap lansia juga sudah melebih 50 persen. Vaksinasi kita kepada pendidik dan tenaga kependidikan sudah 90 persen,” katanya.

Maka, jika harus PTM 100 persen pada awal smester depan, Idris mengaku siap.

“Di SKB Empat Menteri itu ada klausul yang mengatakan tidak memperkenankan kepala daerah membuat syarat baru. Artinya ini penuh kewenangan dari empat menteri,” pungkasnya. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here