Baznas Depok Salurkan Modal Usaha untuk Perempuan Berstatus Kepala Keluarga

88
Camat Cinere didampingi pihak Baznas dan DPAPMK saat menyerahkan bantuan secara simbolis

Cinere | jurnaldepok.id
Camat Cinere, H. Sugianto didampingi Kabid PUG Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok, Bety Setiyorini, Selasa (28/12) menyerahkan bantuan modal usaha untuk para perempuan kepala keluarga dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Depok.

Pada kesempatan itu, Ugi sapaan akrab H. Sugianto meminta kepada para penerima bantuan agar dapat mengoptimalkan dana bantuan dari Baznas Kota Depok dengan epektif dan sesuai peruntukannya yakni sebagai penopang modal usaha untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga.

“Alhamdulillah kami telah mendistribusikan bantuan permodalan dari Baznas Kota Depok untuk para perempuan kepala keluarga di wilayah Kecamatan Cinere, kami berharap bantuan ini dapat bermanfaat bagi penerima bantuan,” kata H. Sugianto.

Harapan senada disampaikan oleh Bety Setiyorini. Dikatakan Bety, bantuan dana penopang modal usaha dari Baznas Kota Depok untuk para perempuan kepala keluarga merupakan realisasi program peduli perempuan kepala keluarga yang diselenggarakan oleh Baznas Kota Depok, sementara lanjut dia pihaknya mendapat tugas memantau realisasi pendistribusian bantuan guna memastikan bantuan tersebut sampai kepada anggota kelompok masyarakat yang sudah di SK kan oleh Lurah.

“Ini program Baznas Kota Depok, dan kami hanya membantu memonitor pelaksanaan pendistribusian kepada para penerima bantuan,” ujar Bety kepada Jurnal Depok.

Dikatakan Bety, realisasi bantuan penopang modal usaha yang digulirkan oleh Baznas untuk para perempuan kepala keluarga dipastikan akan sangat bermanfaat terutama bagi para kepala keluarga perempuan yang sedang mengalami kesulitan modal usaha pasca pandemi Covid 19.

Bety menambahkan, ada beberapa kelompok masyarakat yang masuk dalam kategori perempuan kepala keluarga diantaranya para perempuan yang memiliki tanggung jawab menafkahi keluarga lantaran suaminya menderita sakit dan tidak lagi mampu mencari nafkah untuk keluarga.

Namun, lanjut dia, ada pula perempuan yang memang sudah tidak mempunyai suami tapi masih memiliki tanggung jawab menafkahi keluarga dan menjadi tulang punggung keluarga, inilah yang menurutnya menjadi titik sasar realisasi program peduli perempuan kepala keluarga yang digulirkan oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Depok. n Asti Ediawan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here