108 Kasus Kebakaran Terjadi Dalam Setahun, Kerugiannya Mencapai Rp 1 Miliar

5
Petugas Damkar saat memadamkan kobaran api di wilayah Cinangka beberapa waktu lalu

Kota Kembang | jurnaldepok.id
Sejak awal 2021, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok mencatat telah menanggulangi sebanyak 108 kasus kebakaran yang disebabkan arus pendek listrik dengan kerugian Rp 1miliar lebih.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, Gandara Budiana mengatakan, pada Januari ada 10 kasus, Februari ada empat kasus kebakaran, Maret ada sembilan kasus, April ada 12 kasus.

Lalu, kata dia, bulan Mei dan Juni ada sembilan kasus, Juli ada 10 kasus, Agustus 15 kasus, September 12 kasus, Oktober 11 kasus dan November ada tujuh kasus.

“Mayoritas kebakaran ini terjadi akibat korsleting listrik atau hubungan pendek arus listrik,” ujar Gandara, kemarin.

Umumnya, kata dia, kasus kebakaran ini terjadi karena korsleting listrik, rata-rata kasus kebakaran ini terjadi di area pemukiman warga dengan total kerugian yang diderita sebesar Rp 1,1 miliar.

Selain kasus kebakaran, pihaknya juga melakukan penanganan terhadap kasus non-kebakaran.

“Seperti evakuasi sarang tawon, ular dan monyet. Hingga November tercatat sudah 500 kasus non-kebakaran yang kami tangani. Paling banyak kasus evakuasi mencapai 437 tindakan,” jelasnya.

Sementara itu pada, Senin (27/12) malam petugas Damkar melakukan evakuasi terhadap seekor monyet lepas di Jalan Ridwan Rais di Kelurahan Beji. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here