Bakal Kena Sanksi, ASN Dilarang Cuti Natal & Tahun Baru

211
ASN Depok saat menjalankan apel pagi di halaman balikota beberapa waktu lalu

Margonda | jurnaldepok.id
Satuan Tugas Covid-19 Kota Depok mengimbau kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mematuhi larangan liburan di masa hari raya Natal.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Depok, Dadang Wihana mengatakan, Wali Kota Depok, Mohammad Idris telah menggeluarkan Surat Edaran (SE) Wali Kota Nomor: 800/5135-BKPSDM tentang pembatasan kegiatan berpergian ke luar daerah dan/atau cuti bagi pegawai (ASN) selama periode Hari Natal dan Tahun Baru 2022 (Nataru) dalam masa pandemi Corona virus disease 2019 (Covid-19).

“Pegawai ASN di lingkungan Pemerintah Kota Depok dilarang bepergian keluar daerah dan cuti selama periode Hari Raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru), terhitung mulai tanggal 24 Desember hingga 2 Januari 2022. Juga dikecualikan bagi pegawai ASN yang melaksanakan perjalanan dinas ke luar daerah dalam rangka pelaksanaan tugas kedinasan yang telah memperoleh surat tugas dan ditandatangani oleh minimal pejabat pimpinan tinggi pratama atau kepala kantor satuan kerja,” ujarnya, kemarin.

Aturan larangan keluar kota dikecualikan bagi pegawai ASN yang dalam keadaan terpaksa untuk melakukan kegiatan bepergian ke luar daerah pada periode tersebut dengan terlebih dahulu mendapat izin tertulis dari pejabat pembina kepegawaian.

“Bagi ASN yang melaksanakan kegiatan bepergian ke luar daerah agar selalu memperhatikan dan mematuhi salah satunya peta zonasi risiko penyebaran Covid-19 yang ditetapkan oleh Satuan Tugas Penangan Covid-19. Apabila terdapat ASN yang melanggar hal tersebut, maka yang bersangkutan diberikan hukuman disiplin,” paparnya.

Hal itu , kata dia, sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 94 tahun 2021 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil dan Peraturan Pemerintah Nomor 49 tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

Sementara itu Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM (BKPSDM) Kota Depok, Novarita menambahkan, Pemerintah Kota Depok melalui BKPSDM Kota Depok telah mengeluarkan surat pemberitahuan terkait larangan ASN cuti dan ke luar kota pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

“ASN Kota Depok telah diberitahukan tentang pembatasan kegiatan berpergian keluar daerah bagi pegawai ASN selama Nataru. Hal itu tertuang dalam surat nomor 800/4851-BKPSDM. Selama 24 Desember sampai 2 Januari 2022 ASN dilarang berpergian keluar daerah atau mudik selama periode Nataru,” jelasnya.

Larangan tersebut merupakan tindak lanjut dari surat dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 26 tahun 2021.

“Menindaklanjuti hal tersebut Pemerintah Kota Depok membuat surat turunan kepada ASN Kota Depok. Ada pengecualian untuk ASN yang bekerja dan bertempat tinggal di satu wilayah aglomerasi yang akan tugas kedinasan di kantor seperti wilayah Jabodetabek,” terang Novarita.

Novarita menjelaskan, ASN yang hendak melaksanakan perjalanan dinas ke luar daerah dalam rangka pelaksanaan tugas kedinasan setelah dikeluarkan kebijakan tersebut, masih diberikan toleransi.

Toleransi yang diberikan yakni ASN tersebut telah memperoleh surat tugas yang ditandatangani minimal Eselon II.

“Dapat diperbolehkan apabila memiliki surat tugas yang ditandatangani pejabat Eselon II atau Kepala Kantor Satuan Kerja,” pungkasnya. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here