Minimalisir Sampah Botol Plastik, PDAM Pasang 5 Titik Keran Air Siap Minum di Alun Alun

67
Inilah keran air siap minum yang dipasang di setiap sudut Alun Alun Depok

Kota Kembang | jurnaldepok.id
Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) PT Tirta Asasta Kota Depok memasang sedikitnya lima titik keran air siap minum di Alun Alun Depok.

“Kami pasang lima titik, itu sudah siap minum dan telah melalui proses uji laboratorium, hasil uji lab nya kami tempelkan disana. Dipastikan aman,” ujar Olik Abd Holik, Direktur PT PDAM Tirta Asasta Kota Depok melalui Direktur Operasional, Sudirman, Rabu (22/12).

Ia menambahkan, keran air siap minum sumber airnya dari PDAM langsung yang telah melalui proses pengolahan.

“Selain itu, untuk antisipasi kami buat treatmen di alat tersebut. Jadi air langsung masuk ke treatmen di sana dan langsung dialirkan ke keran. Air sudah aman sesuai persyaratan dari Permenkes,” paparnya.

Dikatakannya, lima titik keran air siap minum milik PDAM yang dipasang di alun-alun bertujuan untuk mengurangi sampah-sampah plastik yang bersumber dari air minum.

“Kami bekerjasama dengan UPT Alun Alun Depok untuk mengurangi sampah plastik. Selain itu kami ingin mengubah pola budaya bahwa air PDAM itu sebenarnya bisa langsung diminum,” jelasnya.

Terkait dengan perawatan dan kebersihan keran air siap minum (fisik luar), Sudirman mengatakan hal itu dipelihara oleh UPT Alun Alun Depok.

“Tapi untuk perawatan alatnya dan sistemnya, itu PDAM yang kontrol. Termasuk uji kualitas rutinnya dilakukan oleh PDAM yang kami lakukan satu bulan sekali. Mudah-mudahan ini dapat membantu para pengunjung,” katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, dengan adanya keran air siap minum, juga dapat membantu pemerintah mengurangi sampah plastik.

“Kedepan, keran air siap minum dapat terpasang juga di fasilitas publik lainnya, tidak hanya di alun-alun. Yang terpasang di alun-alun agar tetap dijaga dan dirawat,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here