Catat! Jalan Pemuda Diberlakukan Satu Arah, Angkot & Truk Dilarang Melintas

1117
Salah seorang pengguna jalan saat melintas di Jalan Pemuda

Sawangan | jurnaldepok.id
Warga RW 06 Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan, terpaksa memberlakukan Sistem Satu Arah (SSA) terhadap pengguna kendaraan roda empat. Hal itu lantaran sering terjadi penumpukan kendaraan ketika berpapasan di jalan tersebut.

“Kami berlakukan SSA seiring semakin padatnya transportasi di jalan lingkungan RW 06 khususnya Jalan Pemuda yang menjadi jalur alternatif. Ini berdampak pada keamanan dan kenyamanan khususnya warga yang bermukim di tepi Jalan Pemuda,” ujar Suhermah Buho, Ketua RW 06 Kelurahan Sawangan Baru, Rabu (22/12).

Dikatakannya, pihaknya telah melakukan sosialisasi dan musyawarah kepada ketua lingkungan (RT) se RW 06 serta para tokoh masyarakat setempat pada 6 Desember silam di Musolah Jami’ul Khoir.

“Hasil musyawarah tersebut telah dibuat kesepakatan antara lain, pertama; mulai 20 Desember Jalan Pemuda hanya dilalui untuk umum satu arah. Khusus kendaraan roda empat dari arah barat menuju timur,” paparnya.

Kedua, sambungnya, pemberlakuan larangan masuk dimulai pada titik perempatan Jalan Pemuda tepatnya di tepi Kali Enggram persis di depan pos keamanan lingkungan.

“Ketiga, diberlakukan stiker keluar masuk kendaraan roda empat untuk mobilitas dan aktivitas warga setempat,” jelasnya.

Sementara yang keempat, kata dia, dari arah barat menuju timur diberlakukan larangan masuk untuk kendaraan angkutan umum (Angkot) truk engkel, bus ¾ serta kendaraan yang membawa beban berat dan tinggi melebihi tiga meter.

“Hasil keputusan musyawarah ini berlaku mutlak, tidak dapat diubah kecuali ada poin tambahan yang lebih baik sebagai acuan. Kami berharap pengguna jalan mematuhi dan memakluminya,” katanya.

Seperti diketahui, Jalan Pemuda yang mukanya berada di bibir Jalan Raya Muchtar Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan, memiliki lebar kurang lebih tiga meter. Praktis, ketika terjadi papasan kendaraan maka akan terjadi penumpukan dari dua arah. Pasalnya, saat ini di tepi jalan tersebut sudah dipenuhi rumah warga. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here