Wajahnya Terekam CCTV, Maling di Rumah Selebgram Diringkus Polisi

142
Kapolres Metro Depok saat berbincang dengan pelaku pencurian

Cipayung | jurnaldepok.id
Satuan Reserse dan Kriminal Polres Metro Depok berhasil meringkus pelaku pencurian rumah kosong di rumah selegram, Anindya Sakkhita di Kawasan Pondokjaya, Kecamatan Cipayung. Tersangka berinisial A ditangkap di kawasan Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan, pada pekan lalu.

Kapolres Metro Depok, Kombespol Imran Edwin Siregar menyatakan, kejadian pencurian di rumah Anindya ini berlangsung pada Kamis 9 Desember 2021.

“Tersangka melakukan aksinya bersama seorang rekannya yang kini menjadi buronan Polisi. Tersangka memang spesialis pencurian rumah kosong. Mereka menjalankan aksinya ketika korban tidak ada di rumah atau dalam kondisi kosong,” ujarnya, kemarin.

Tersangka, kata dia, masuk ke rumah korban dengan cara mencongkel jendela rumah. Setelah itu mereka menggasak barang berharga milik korban dengan total kerugian mencapai Rp 56 juta.

“Barang-barang yang diambil ada laptop, HP dan beberapa perhiasan emas,”katanya.

Setelah berhasil mengambil barang milik korban, para tersangka kemudian melarikan diri, salah seorang tersangka akhirnya diamankan setelah korban memviralkan kasus ini.

“Tersangka pencurian yang terekam kamera pengawas juga banyak beredar di media sosial. Yang jelas pelaku ini begitu memantau rumah ditinggalkan pemilik, disitulah pelaku masuk. Jadi berdua yang pelaku di belakang ini masuk, yang satunya DPO mengawasi dari luar,” papar dia.

Para tersangka, kata dia, menjual semua barang hasil curian untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Para tersangka, kata Imran, juga merupakan residivis dengan kasus serupa.

“Mereka dikenakan Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman penjara di atas 5 tahun,” pungkasnya. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here