2 Tahun Ditutup, Wali Kota Segera Buka Kembali 51 Taman Kelurahan di Wilayah Depok

105
Wali Kota Depok didampingi Bunda Elly saat meninjau Alun Alun Depok

Kota Kembang | jurnaldepok.id
Wali Kota Depok, Mohammad Idris berencana untuk membuka kembali taman kelurahan yang sempat ditutup selama pandemic dan taman kelurahan yang telah rampung dibangun tahun ini.

“Pada dasarnya semua diwajibkan menerapkan protokol kesehatan, para pengunjung alun alun diwajibkan memiliki aplikasi peduli lindungi. Kami evaluasi setelah tanggal 1 Januari 2022, sudah efektif apa belum. Kami tetap konsultasi lagi dengan pusat, termasuk pembukaan taman-taman kelurahan yang ada di Kota Depok,” ujarnya, Selasa (21/12).

Dibangunnya enam taman kelurahan tahun ini, dengan begitu Kota Depok saat ini telah memiliki 51 taman kelurahan yang tersebar di 11 kecamatan.

Idris mengatakan, sesuai ketentuan PPKM level satu diperbolehkan untuk membuka fasilitas umum. Tetapi tetap dilakukan protokol kesehatan untuk level satu 75% kapasitas.

“Setiap sesi kami batasi 500 orang dan ini sementara masih uji coba sesuai Inmendagri tanggal 31 sampai tanggal 1 tidak boleh ada yang buka fasilitas publik apapun termasuk taman,” jelasnya.

Alun-alun Kota Depok, kata dia, dibuka dalam dua sesi. Sesi pertama pukul 07.00 hingga pukul 11.00 sesi kedua pukul 13.00 hingga 17.00 dan dibatasi jumlah pengunjung hanya 500 per sesi.

Idris juga menjelaskan, sekarang masih ada 35 pasien covid yang aktif yang masih ada dalam penanganan isolasi.

“Kami juga konfirmasi ke Kementerian Kesehatan apakah Depok sudah ada varian baru. Alhamdulillah belum ada. Terimaksih banyak kepada warga Depok, kasus covid sudah menurun,” terangnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, Hj Ety Suryahati mengatakan, Alun Alun Depok dibuka untuk ujicoba mulai tanggal 21-31 Desember 2021.

“Tanggal 25, 31 dan 1 Januari kami tutup. Dilanjut atau tidak pada 2 Februari 2022, tentu menunggu hasil evaluasi. Kalau aman tentu kami lanjut seterusnya, tentu kami evaluasi terus,” paparnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, dibukanya kembali Alun Alun Depok di masa pandemi ini tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Pengunjung wajib prokes dengan menunjukkan aplikasi PeduliLindungi, memakai masker, cek suhu tubuh dan anak dibawah 12 tahun wajib didampingi orang tua,” ungkapnya.

Dikatakannya, Alun Alun Depok dibuka dua shift. Dimana shift pertama dibuka mulai pukul 07.00-11.00 WIB. Sementara shift kedua dibuka kembali mulai pukul 13.00-17.00 WIB.

“Ada waktu dua jam untuk kami semprot cairan disinfectan dan istirahat. Hari Minggu kami buka pukul 06.00 WIB, sesinya sama. Setiap sesi 500 pengunjung,” pungkasnya. n Aji Hendro | Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here