Jika Sekolah Tak Mengadakan, Kini Vaksin Anak Bisa di Puskesmas

37
Seorang siswa saat menjalani vaksinasi

Margonda | jurnaldepok.id
Pusat Kesehatan Masyarakat atau Puskesmas di Kota Depok melayani pemberian vaksin anak usia enam hingga 11 tahun.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Mary Liziawati mengatakan, untuk vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6 hingga 11 tahun, dilakukan bila ada sekolah yang belum siap melaksanakannya dan bisa dilakukan di Puskesmas.

“Jadi memang ada yang sudah siap di sekolah, ada juga yang belum siap. Silahkan yang bisa di puskesmas ke puskesmas terdekat,” ujarnya, kemarin.

Dengan dijadikannya Depok sebagai tempat perdana dilakukannya vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6 hingga 11 tahun, pihaknya optimistis bisa cepat meraih kekebalan komunal atau herd immunity.

“Harapannya dengan sudah mulai 6-11 tahun itu vaksinasi, ya kita lebih cepat mencapai herd immunity,”katanya.

Dia memastikan ketersediaan vaksin di Kota Depok dinyatakan aman dan stok vaksin mencukupi. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia telah menyiapkan vaksin anak usia enam hingga 11 tahun.

Dia mengungkapkan, vaksin yang diberikan kepada anak merupakan Sinovac begitupun dengan dosis pemberiannya.

“Pemberian vaksin pertama dan kedua memiliki tenggat waktu seperti halnya vaksinasi dewasa. Dimana interval pemberiannya nanti yang dosis keduanya juga 28 hari,” paparnya.

Mary menuturkan, pencapaian vaksinasi Covid-19 hingga Desember telah mencapai diatas 70 persen sesuai dengan arahan Presiden.

“Target vaksinasi di Kota Depok mencapai 1,6 juta, sehingga melakukan penyisiran di tiap kecamatan untuk mencapai target vaksinasi tersebut. Kami sudah menyisir di kecamatan, kelurahan hingga RT dan RW dengan cakupan sekitar 70,74 persen,” jelasnya.

Terkait kadaluarsa vaksin pada akhir Desember nanti, Mary menambahkan, akan melakukan pengecekan kembali.

“Kami akan cek kembali kalau ada yang mendekati ekspired, itu yang harus segera dipakai,”katanya.

Satgas Penanganan Covid 19 Kemirimuka, Friansyah menambahkan, setiap harinya dia dan petugas kesehatan Puskesmas melakukan vaksinasi terhadap anak usia enam hingga 11 tahun ke sejumlah sekolah.

Sementara itu Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menambahkan, vaksin di Jawa Barat sudah 70 persen.

“Warga jangan khawatir, aman saja, Insya Allah, yang penting prokes saja,” pungkasnya. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here