Departemen Prostodonsia FKG UI Gelar Pengabdian Masyarakat Kepada Guru Purnabakti Al-Azhar

49
Dekan FKG UI, Prof. Dr. Lindawati S. Kusdhany, drg., Sp.Pros(K) saat memperkenalkan RSKGM FKG UI di acara pengabdian masyarakat

Jakarta | jurnaldepok.id
Departemen Prostodonsia Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (FKG-UI) bekerja sama dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Jakarta Selatan dan Forum Silaturahmi Purnabakti Al-Azhar, melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat berupa penyuluhan kepada guru purnabakti Al-Azhar, Senin (16/12).

Kegiatan tersebut mengusung tema “Peningkatan Kualitas Hidup Lansia di Era New Normal Pada Masa Pandemi Covid 19” dan diadakan secara daring melalui platform zoom.

“Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk memberikan informasi kepada lansia yang tergabung dalam Forum Silaturahmi Purnabakti Al-Azhar, tentang bagaimana menjaga kesehatan jantung dalam keterbatasan aktivitas selama pandemi Covid 19 dan bagaimana menjaga kesehatan gigi, mulut serta gigi tiruan yang keduanya sangat mempengaruhi kualitas hidup lansia,” ujar Dr. drg. Ratna Sari Dewi, Sp.Pros(K), Ketua Departemen Prostodonsia Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, kemarin.

Ia juga berharap, semoga acara ini dapat bermanfaat bagi para peserta kegiatan pengabdian masyarakat dan bagi masyarakat awam.

“Semoga kegiatan ini dapat terus dijalankan dan dapat memberikan edukasi bagi masyarakat awam mengenai pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut, serta keterkaitannya dengan kesehatan umum,” paparnya.

Ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Jakarta Selatan, drg. Dwi Harianto, menyampaikan, kegiatan pengabdian masyarakat merupakan salah satu bentuk dari pengabdian para dokter gigi.

“Diharapkan dengan kegiatan ini dapat memberi manfaat bagi masyarakat dan dokter gigi yang melaksanakan,” tandasnya.

Sementara itu, Dekan FKG UI, Prof. Dr. Lindawati S. Kusdhany, drg., Sp.Pros(K) mengenalkan layanan baru di Rumah Sakit Khusus Gigi dan Mulut (RSKGM FKG UI) yaitu Unit Edelweiss yang merupakan unit pelayanan perawatan gigi dan mulut RSKGM FKG UI yang diperuntukkan bagi para pasien geriatri atau pasien lansia dengan keterbatasan fisik maupun psikis.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 123 peserta yang terdiri dari lansia Forum Silaturahmi Purnabakti Al-Azhar, anggota Ikatan Prostodonsia Indonesia (IPROSI) Jakarta dan dihadiri oleh Ketua dan Staf Departemen Prostodonsia FKG UI serta mahasiswa Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis Prostodonsia FKG UI.

Materi penyuluhan pada kegiatan ini disampaikan oleh tiga orang narasumber yaitu dr. Ardeno Kristianto, Sp.PD yang membawakan materi berjudul “Pencegahan Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah dalam Keterbatasan Aktivitas selama Pandemi Covid 19”, dilanjutkan dengan drg. Albar dan drg. Delicia (PPDGS Prostodonsia angkatan 2020) dengan materi berjudul “Pemeliharaan Kesehatan Rongga Mulut Usia Lanjut di Masa Pandemi Covid 19”.

Melalui materi yang disampaikan oleh para narasumber, diharapkan dapat menambah wawasan para peserta kegiatan pengabdian masyarakat dalam menjaga kesehatan tubuh, kesehatan gigi dan mulut terutama di masa pandemi Covid 19 sekarang ini.

Sementara itu Ketua Pengurus Yayasan Pesantren Islam Al-Azhar, Shobahussurur mengapresiasi terselenggaranya acara pengabdian masyarakat ini.

“Mudah-mudahan kerja sama dengan FKG UI ini tidak berhenti sampai disini, kami dapat dibantu bila ada permasalahan dibidang gigi dan mulut,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here