Anak Sekolah Dasar Usia 6-11 Tahun di Depok Mulai Divaksin Sinovac

116
Wakil Wali Kota Depok saat mendampingi Menteri PMK meninjau vaksinasi anak

Pancoran Mas | jurnaldepok.id
Pemerintah Kota Depok mulai Kick Off atau menggelar pelaksanaan vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun. Vaksinasi anak untuk pertama kali dilaksanakan di SDN Depok 01 dengan sasaram sebanya 347 siswa di sekolah tersebut.

Pelaksanaan vaksinasi ditinjau langsung oleh Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Republik Indonesia, Muhadjir Effendy.

“Alhamdulillah mulai hari ini dan seterusnya nanti kita akan melakukan vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun. Terutama untuk mereka yang sedang belajar di tingkat SD. Diharapkan dengan vaksinasi ini dapat membentuk kekuatan kelompok dari kalangan anak,” ujarnya, Selasa (14/12).

Selain itu, kata dia, orang tua juga merasa aman dan percaya diri karena anaknya sudah divaksin.

“Ini merupakan langkah yang positif menurut saya dari pemerintah, dari Pak Menkes untuk memastikan bahwa anak-anak juga aman dari Covid-19 dan agar orang tua juga punya rasa percaya diri ketika anak berangkat ke sekolah, karena mereka sudah divaksin,”katanya.

Ketika anak sudah divaksin, sambungnya, mereka memiliki kekebalan terhadap virus. Vaksinasi anak ini merupakan bagian penting dalam mewujudkan kekebalan kelompok.

“Kemudian, ini juga penting karena anak merupakan mata rantai dari herd immunity. Kalau anak-anak sudah divaksin, terlindungi, maka kakek-nenek nya yang dekat dengan mereka juga menjadi lebih aman. Apalagi bila kakek-neneknya sudah divaksin. Pasti jauh lebih aman,” paparnya.

Muhadjir menyatakan, vaksin Covid-19 merek Sinovac aman untuk anak usia 6-11 tahun.

“Insya Allah vaksin ini aman untuk anak-anak dan sudah mendapatkan izin dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). BPOM sebelumnya sudah melakukan kajian terhadap penggunaan vaksin tersebut untuk anak usia 6-11 tahun. Kemudian, vaksin Sinovac mendapatkan status emergency use authorization (EUA) sehingga dapat disuntikkan kepada anak,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, untuk jumlah anak usia 6-11 tahun di Indonesia sebanyak 27 juta. Adapun target pemberian vaksinasi Covid-19 bagi usia 6-11 tahun di Indonesia sebanyak 20 juta anak.

Dia pun berpesan kepada seluruh orang tua untuk dapat mendukung program vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun.

“Tentunya dengan maksud agar meningkatkan herd immunity dan melindungi anak serta keluarga dari Covid-19. Mari sama-sama kita dukung agar orang tua dan anak dapat lebih percaya diri karena sudah divaksin. Selain juga bisa mencegah terpaparnya virus Covid-19,” tukasnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono mengatakan, pihaknya akan terus mendukung pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun. Yakni dengan mensosialisasikan dan mengajak pihak sekolah untuk menyukseskan pemberian vaksinasi Covid-19.

“Akan terus kami dorong pihak sekolah dan orang tua agar target sasaran pemberian vaksinasi pada anak dapat optimal. Dengan begitu dapat terbentuk herd immunity demi mewujudkan Depok yang sehat,” tandasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Mary Lizawati mengatakan, untuk kemarin ada 347 siswa yang divaksin di Kota Depok. Selanjutnya vaksinasi akan digelar di lokasi lain dengan sasaran seluruh siswa usia 6-11 tahun di Depok tervaksin.

“Targetnya dua bulan untuk penyelesaian. Vaksin yang digunakan adalah Sinovac. Interval pemberian antara dosis 1 dan 2 yaitu 28 hari. Untuk Sinovac ini sama dengan dewasa, jadi dosisnya sama dengan yang dewasa. Interval pemberiannya nanti untuk dosis kedua 28 hari,” ungkapnya.

Pemberian vaksinasi Covid-19 untuk usia 6-11 tahun ini sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 66 Tahun 2021. Yaitu tentang Pencegahan dan Penanggulangan Corona Virus Disease 2019 pada saat Natal tahun 2021 dan Tahun Baru 2022.

“Kota Depok menjadi salah satu kick off pelaksanaan vaksinasi Covid-19 pada usia 6-11 tahun sesuai instruksi menteri yang dimulai 14 Desember,” pungkasnya. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here