Melanggar Ganjil Genap, Satlantas Polres Metro Depok Belum Berlakukan Tilang

101
Petugas gabungan saat mengatur kendaraan diujicoba ganjil genap

Margonda | jurnaldepok.id
Pelaksanaan ujicoba ganjil genap (Gage) di Jalan Margonda, di minggu ke dua masih menyebabkan kemacetan sejumlah ruas jalan di Kota Depok.

Pantauan di ruas jalan yang mengalami kemacetan seperti Jalan Ridwan Rais arah Jakarta, Nusantara, Dewi Sartika dan Jalan Raya Sawangan.

Sementara kemacetan juga terjadi di jalan arah Jakarta ke Depok seperti di Jalan Raya Lenteng Agung, M Jasin arah ke Jalan Raya Bogor, Juanda arah Margonda.

“Ganjil genap diterapkan mulai pukul 12.00 WIB sampai dengan pukul 18.00 WIB. Masih lanjut,” ujar Kasat Lantas Depok, AKBP Jhoni Eka Putra, kemarin.

Dikatakannya, pihaknya belum melakukan penindakan (tilang) apabila ada masyarakat yang memaksa masuk jalur tersebut.

“Akan dilakukan imbauan dulu dan dialihkan ke jalan lainnya. Ganjil genap berlaku di sepanjang ruas Jalan Margonda mulai kolong flyover UI, simpang Juanda hingga Simpang Ramanda. Ganjil genap ini hanya berlaku bagi mobil pribadi. Angkutan umum/online, motor, kendaraan pelat merah, kendaraan barangn kendaraan BBM/BBG, pemadan kebakaran, kendaraan pertolongan kecelakaan lalu lintas, kendaraan petugas kesehatan, kendaraan vaksin, kendaraan pimpinan lembaga dan ambulans,” paparnya.

Dia mengatakan, kinerja kecepatan rata-rata pada ruas jalan uji coba gage pada hari Minggu, 5 Desember 2021, meningkat dari semula 24,10 km/jam menjadi 27,15 km/jam jika dibandingkan hari Sabtu, 4 Desember 2021.

Jhoni mengatakan waktu tempuh kendaraan juga mengalami perpendekan. Artinya, waktu tempuh yang semula lebih lama kini lebih pendek satu menit dibanding uji coba di hari pertama.

“Waktu tempuh pada hari Minggu, 5 Desember 2021 lalu di ruas jalan uji coba gage mengalami perbaikan dari semula 5,54 menit menjadi 4,69 menit jika dibandingkan hari Sabtu 4 Desember 2021,” katanya.

Dia mengimbau kepada masyarakat untuk dapat membiasakan diri mulai weekend di jalur khusus seperti Margonda akan diberlakukan ganjil genap dan dapat menggunakan kendaraan angkutan umum antisipasi mengurangi kepadatan kendaraan di Sabtu dan Minggu. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here