Mantap! Inovasi Sekolah Ayah Bunda, DPAPMK Raih Top 45 Inovasi Pelayananan Publik Jawa Barat 2021

52
Kepala DPAPMK Kota Depok (kanan) saat menerima penghargaan

Margonda | jurnaldepok.id
Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok berhasil meraih penghargaan Top 45 Inovasi Pelayananan Publik Jawa Barat 2021.

“Alhamdulillah, Kota Depok melalui DPAPMK dengan Inovasi Sekolah Ayah Bunda mendapat penghargaan Top 45 Inovasi Pelayananan Publik Jawa Barat 2021,” ujar Nessi Annisa Handari, Kepala DPAPMK Kota Depok usai menerima penghargaan.

Ia mengatakan, inovasi Sekolah Ayah Bunda adalah salah satu program Kota Depok dalam upaya mencegah terjadi Permasalah Keluarga dalam Rumah Tangga.

“Bagaimana menumbuhkan rasa kasih sayang suami dan istri. Juga mengasuh putra putri di rumah. Selain itu juga terdapat tips mengatur keuangan,” paparnya.

Kegiatan yang dilakukan ini, kata dia, memiliki tujuan untuk meningkatkan ketahanan keluarga sehingga tercipta rumah tangga yang harmonis.

“Ayah bunda berdaya, Anak Bahagia,” katanya.

Tak lupa, Nessi menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bunda Forum Anak Kota Depok, Hj Elly Farida atas dukungan dan bimbingannya selama ini.

“Terutama motivasi kepada kami untuk terus berinovasi menciptakan kegiatan-kegiatan ketahanan keluarga di Kota Depok,” jelasnya.

Sebelumnya, Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan, Sekolah Ayah Bunda memiliki keterkaitan dengan isu strategis pembangunan di Indonesia khususnya Kota Depok. Menurutnya, sekolah tersebut dapat menjadi pondasi utama dari keberhasilan program Ketahanan Keluarga.

“Ketahanan Keluarga juga merupakan program yang inovatif yang dimiliki Kota Depok. Saat ini Sekolah Ayah Bunda sudah memasuki angkatan ketiga,” tuturnya usai pembukaan gelaran Sekolah Ayah Bunda (SAB) angkatan ketiga di Wisma Hijau Cimanggis, beberapa waktu lalu.

Dikatakannya, Sekolah Ayah Bunda bukan hanya sebagai media ketahanan keluarga. Namun juga sebagai kontrol atau pengendali terhadap keluarga-keluarga di Depok agar terwujud keluarga yang harmonis.

Selain itu, sambungnya, dari sisi ilmu parenting dan pengasuhan, juga merupakan hal yang sangat penting khususnya di masa pandemi Covid-19.

“Kami mendengar banyak curhatan dari orang tua, ketika mereka menghadapi anak-anak yang belum mengadakan tatap muka dalam bersekolah. Mereka baru menyadari pentingnya parenting atau pola asuh anak,” jelasnya.

Ia pun berharap, wisudawan sekolah ini, dapat menjadi Duta Ketahanan Keluarga bagi masyarakat Depok. Serta dapat memberikan pengetahunan dan pembelajaran kepada masyarakat sekitar terkait kehidupan rumah tangga, dan pola asuh anak.
“Saya bercita-cita sebelum mengakhiri masa bakti, dapat membangun gedung Sekolah Ayah Bunda,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here